Kombinasi Daun Dewa, Sambiloto, Kunyit, dan Adas untuk Tumpas Asam Urat

Pertanianku — Ada banyak resep ramuan herbal untuk menumpas asam urat. Anda bisa memilih salah satu resep herbal sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan. Salah satu resep herbal yang bisa Anda pilih adalah campuran dari daun dewa, sambiloto, kunyit, dan adas.

asam urat
foto: pertanianku

Untuk membuat resep ini, Anda membutuhkan daun dewa sebanyak 15 gram, sambiloto 20 gram, rimpang kunyit segar 10 gram, dan adas kering sebanyak 10 gram.

Sebelum diolah, semua bahan harus dipastikan sudah dicuci bersih. Setelah itu, iris tipis-tipis rimpang kunyit, lalu masukkan ke panci email bersama dengan bahan-bahan yang lain. Rebus ramuan dengan tiga gelas air bersih hingga airnya tersisa 1 gelas.

Setelah dingin, saring air rebusan dan minum sekaligus pada pagi hari. Ampas rebusan ramuan ini bisa direbus sekali lagi dan airnya diminum pada sore hari.

Daun dewa berkhasiat sebagai antiradang, penghilang nyeri, pembersih darah, pereda demam, penyejuk darah, dan melarutkan bekuan darah. Daun dewa mengandung alkaloid, saponin, flavonoida, minyak atsiri, dan tannin. Herba ini sering digunakan untuk mengatasi masalah rematik sendi, memar, dan batu ginjal.

Rimpang kunyit yang digunakan di dalam ramuan ini berkhasiat melancarkan darah dan vital energi, menghilangkan sumbatan, antiradang, pereda nyeri, antioksidan, peluruh haid, mempermudah persalinan, peluruh kentut, antibakteri, meningkatkan produksi empedu, dan mempercepat penyembuhan luka.

Kunyit yang sangat sering dijumpai sebagai bumbu masakan ini mengandung minyak menguap sebanyak 3–5 persen. Minyak tersebut terdiri atas turmerone, zingiberene, arturmerone, dan sedikit phellandrene, serta sasquiterpen alcohol dan borneol. Selain itu, rimpang ini mengandung curcumin sebanyak 0,3–4,8 persen, desmethoxycurcumin, bidesmethoxykurkumin, pati, tannin, dan damar.

Ramuan daun dewa, sambiloto, kunyit, dan adas bisa Anda gunakan untuk mengobati hiperurisemia, tofi, nyeri pada rematik gout akut, batu empedu, dan batu ginjal. Ramuan ini cocok untuk penderita hiperurisemia yang disertai dengan penyakit diabetes mellitus, kadar kolesterol yang tinggi, atau hipertensi.

Baca Juga:  Sayuran yang Cocok untuk Penderita Asam Urat