Komoditas Ikan Air Tawar yang Paling Laris

Pertanianku — Di Indonesia terdapat tujuh komoditas ikan air tawar yang paling disukai, yakni ikan mas, ikan nila, ikan gurami, ikan lele, ikan patin, ikan bawal, dan lobster air tawar.  Simak ulasannya berikut ini.

komoditas ikan air tawar
foto: pertanianku

Ikan mas

Ikan mas (Cyprinus carpio) sudah sangat populer di tengah masyarakat Indonesia. Ikan ini dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Ikan yang berasal dari daratan Cina ini juga kerap dijadikan sebagai ikan pancingan. Tak heran, permintaannya tidak pernah surut. Selain permintaannya yang menjanjikan, harga jual ikan mas di pasaran cukup menggiurkan.

Ikan nila

Ikan nila (Oreochromis sp.) juga memiliki prospek yang tidak kalah cerah. Ikan yang berasal dari Benua Afrika ini tidak hanya laku di pasar dalam negeri, tetapi di pasar internasional. Perdagangan nila di pasar ekspor biasanya dalam bentuk fillet atau sudah dibuang tulangnya, kemudian dikemas dengan bersih.

Di pasar dalam negeri permintaan ikan nila terbilang tinggi. Misalnya, di Jakarta dan sekitarnya, permintaannya tidak kurang dari puluhan ton setiap harinya.

Ikan lele

Ikan lele (Clarias sp.) termasuk ikan yang hebat karena jumlah permintaannya tinggi, tetapi anehnya belum bisa terpenuhi. Ikan lele terbilang mudah dibudidayakan, sebagian besar pembudidaya di Jawa telah berhasil membudidayakannya, termasuk di Jakarta, Parung, Bekasi, dan Karawang. Pembesaran lele biasanya dilakukan di kolam air tenang, seperti kolam tanah, kolam tembok, dan kolam terpal.

Ikan gurami

Ikan gurami (Osphronemus gouramy) merupakan ikan yang sangat populer, meskipun tidak sepopuler ikan mas dan ikan lele. Ikan asli Indonesia ini banyak dicari oleh berbagai kalangan, sebagian besar mengenalnya sebagai ikan air tawar yang baik dan bercita rasa lezat dengan bentuk tubuh pipih. Harga ikan gurami bisa mencapai 2—3 kali lipat dari harga ikan konsumsi air tawar lainnya.

Baca Juga:  Langkah Mudah Budidaya Ikan Gabus

Ikan patin

Ikan patin (Pangasius sp.) populer di kalangan masyarakat Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Kebutuhan benih ikan patin relatif sangat tinggi, terutama di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Ikan bawal

Ikan bawal (Colossoma macropomum) sebetulnya bukan ikan asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat menggemari ikan ini. Bentuknya hampir mirip seperti ikan piranha, tetapi rasanya lezat dan agak sedikit berbeda dari ikan air tawar lainnya. Ikan bawal lebih sering diolah dengan cara dibakar.

Lobster air tawar

Lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) berasal dari Australia dan Amerika. Komoditas ini memiliki banyak penggemar di pasar dalam negeri dan pasar internasional.