Komoditas Kedelai Diprediksi Swasembada Tahun Depan


Pertanianku – Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) memang tengah fokus mewujudkan swasembada di sejumlah komoditas pangan. Salah satunya, yakni kacang kedelai.

Foto: pixabay

Kini Kementan tengah membidik swasembada kedelai yang ditargetkan bisa dicapai pada 2018 mendatang. Untuk itu, Kementan mencanangkan Gerakan Tanam Serempak Kedelai seluas 500 ribu hektare di 20 provinsi. Anggaran yang digunakan untuk mendorong swasembada kedelai ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017.

“Pendanaan merupakan sistem paket senilai Rp1,26 juta per hektare,” terang Kepala Biro Humas Kementerian Pertanian Suwandi saat ditemui di Gedung Kementerian Pertanian, dilansir dari Republika (6/10).

Itu artinya, setidaknya diperlukan sekitar Rp630 miliar yang difokuskan untuk komoditas tersebut.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman pada saat yang sama meminta Pemerintah Daerah untuk bersama memanfaatkan potensi wilayah dalam mewujudkan swasembada kedelai.

Selain penanaman di 500 ribu hektare lahan pada musim tanam ini, bantuan subsidi benih kedelai akan diberikan ke lahan seluas 300 ribu hektare.

Pada 2018 pihaknya juga akan mengalokasikan Program Pengembangan kedelai seluas 1,5 juta hektare.

“Sasaran produksi kedelai tahun 2018 ditetapkan 3 juta ton,” terang Menteri Amran. Sementara, prognosa kebutuhan kedelai pada tahun itu sebesar 2,8 juta ton.

Untuk merealisasikannya, perlu adanya pengawalan dan pengamanan dari mulai persiapan tanam hingga panen tiba. Mentan Amran juga menekankan agar Pemerintah Daerah memastikan terjadinya peningkatan produktivitas dan produksi di wilayah tersebut.

Baca Juga:  Wujudkan Swasembada, Mentan Dorong Petani Tanam Kedelai Serentak
loading...
loading...