Komoditas Laut Unggulan yang Bisa Dibudidayakan dan Bernilai Ekonomi

Pertanianku — Perairan Indonesia menjadi tempat hidup berbagai jenis biota laut, di antaranya ada komoditas laut yang bisa dibudidayakan dan mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Hal ini karena harga jual komoditas laut tersebut yang cukup tinggi. Berikut ini beberapa komoditas laut yang bisa dibudidayakan.

komoditas laut
foto: pertanianku

Ikan kerapu

Ikan kerapu menjadi salah satu komoditas laut yang bisa dibudidayakan dan paling terkenal. Ada banyak jenis ikan kerapu yang bisa dibudidayakan, di antaranya kerapu bebek, kerapu macan, kerapu lumpur, kerapu sunu, dan kerapu batik. Hampir semua jenis ikan kerapu tersebut digemari oleh masyarakat dan bernilai ekonomi tinggi. Tak heran, banyak masyarakat pesisir yang membudidayakannya.

Loading...

Kakap putih

Kakap putih merupakan bagian komoditas laut yang bernilai tinggi. Ikan ini dibudidayakan di dalam keramba jaring apung. Sebagian produksi kakap putih disalurkan ke pasar dalam negeri dan sebagian lainnya disalurkan ke pasar ekspor dengan berbagai negara tujuan seperti Malaysia, Jepang, Hongkong, dan Singapura.

Kakap merah

Kakap merah sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya sehingga ikan kakap merah termasuk salah satu ikan yang mudah dipelihara. Selain itu, ikan kakap merah tahan terhadap penyakit dan bisa dipelihara dalam kepadatan yang tinggi.

Cobia

Ikan cobia hidup di perairan tropis dan subtropis. Di Indonesia, budidaya cobia masih terbilang sangat baru, baik pembenihannya maupun pembesarannya. Ikan ini bernilai ekonomi tinggi dengan tingkat pertumbuhan yang cepat. Kualitas daging ikan cobia sangat bagus sehingga memiliki daya tarik tersendiri di pangsa pasar Asia.

Tiram

Tiram atau Crassostrea merupakan salah satu jenis dari bivalvia yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat. Tiram jenis ini biasanya hidup di daerah muara dan menempel pada akar-akar bakau, tiang dermaga, atau batu karang. Filipina menjadi negara penghasil kerang yang sudah membudidayakannya secara intensif. Selain tiram konsumsi, ada juga tiram mutiara laut yang sering diperdagangkan di pasar internasional karena menghasilkan mutiara.

Baca Juga:  Cara Memberikan Pakan Lele Berdasarkan Jenis Pakannya

Kerang

Kerang merupakan komoditas laut lainnya yang sudah sangat terkenal di Indonesia, apalagi saat tren makanan sea food mulai menaik. Ada dua macam kerang yang biasa dikonsumsi masyarakat, seperti kerang hijau dan kerang dara.

Loading...
Loading...