Komoditas Perikanan Unggulan Indonesia Unjuk Gigi di Pasar Jepang

Pertanianku — Pada pertengahan April kemarin Indonesia ikut serta dalam pameran The 19th Seafood Show Osaka 2022 membawa beberapa komoditas perikanan unggulan. Pameran tersebut digelar di ATC Hall Osaka, Jepang, dan menjadi bagian dari kerja sama antara Kementerian Perdagangan dan Kementerian Luar Negeri.

komoditas perikanan unggulan
foto: Trubus

Produk perikanan unggulan yang ditampilkan adalah udang black tiger asal Papua, unagi kabayaki asal Sukabumi, gurita dan tuna sirip kuning dari Surabaya, ikan teri nasi atau anchovy dari Jepara, udang vaname dari Kalimantan, serta ikan kalengan dari Bali.

“Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan bersinergi melakukan promosi produk-produk perikanan unggulan Indonesia kepada publik Jepang. Kami menghadirkan sembilan pelaku usaha dari Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua dengan produk-produk unggulannya,” tutur Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Osaka, Diana ES Sutikno, seperti dilansir dari laman Indonesia.go.id.

The 19th Seafood Show Osaka merupakan pameran produk perikanan terbesar di Jepang bagian barat. Pameran ini diikuti oleh 400 importir dan retailer yang berdomisili di Jepang. Pameran ini menjadi bagian pelaksanaan Foodex Tokyo 2022 dan rangkaian promosi yang dilakukan perwakilan perdagangan di Jepang.

Diana mengatakan, pameran ini menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan pangsa pasar produk perikanan Indonesia di Jepang, khususnya Kansai.

“Terlebih, Pemerintah Jepang dan prefektur di dalamnya saat ini ingin mewujudkan destinasi halal dan ramah muslim menjelang pelaksanaan Osaka World Expo 2025,” kata Diana.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumaedi, mengatakan, Jepang merupakan salah satu negara dengan konsumsi produk perikanan terbesar di dunia. Total impor perikanan Negeri Sakura tersebut mencapai lebih dari USD9,9 miliar. Keikutsertaan Indonesia pada pameran ini diharapkan mampu mendongkrak volume ekspor produk perikanan Indonesia ke Jepang.

Baca Juga:  Pemerintah Dorong Jeruk Asal Sambas Tembus Pasar Ekspor

Saat ini Indonesia menjadi negara pemasok hasil laut dan perikanan ke-11 bagi Jepang. Pada 2021, total nilai transaksi ekspor komoditas perikanan ke Jepang mencapai USD433,8 juta atau naik 3,19 persen dari tahun sebelumnya. Jepang menjadi negara ekspor utama tuna sirip kuning segar dan dingin.