Komodo, Hewan Menakjubkan Asal Timur Indonesia

Pertanianku – Di Indonesia bagian Timur, tepatnya di Flores terdapat hewan menakjubkan atau yang biasa orang sebut komodo. Jika biasanya pulau yang dikenal dengan Komodo adalah Pulau Komodo, hewan menakjubkan yang terdapat di pulau kecil yang terletak tidak jauh dari pulau Komodo, yaitu Pulau Rinca. Tentu saja naga ini bukan seperti yang digambarkan dalam cerita mitos, melainkan hewan Komodo (Komodo Variensis).

Komodo, Hewan Menakjubkan Asal Timur Indonesia

Warga setempat yang tinggal di Pulau Rinca menyebut kadal raksasa tersebut dengan sebutan “Ora”. Para pengunjung akan menemukan cara yang berbeda daripada melihat di kebun binatang Pulau Komodo.

Loading...

Di sini Ora bebas bergerak. Meskipun begitu, pengunjung harus trekking dengan didampingi oleh ranger setempat. Hal ini bukan tanpa alasan. Karena komodo adalah hewan yang ganas dan memiliki insting pemburu. Jika salah langkah, bisa-bisa disantapnya. Maka dari itu, ranger yang akan melindungi pengunjung saat bertemu dengan komodo.

Lokasi Pulau Rinca juga kerap dipilih karena jaraknya yang tidak jauh dari Labuan Bajo. Jika ke Pulau Komodo memerlukan waktu 4 jam, ke Pulau Rinca hanya memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Jika ingin mengeksplor Pulau Rinca, pengunjung diberikan beberapa pilihan, di antaranya rute pendek, medium dan lama. Untuk rute pendek, petualangan berdurasi 1–2 jam, medium 2–3 jam sedangkan untuk petualangan panjang berdurasi di atas 4 jam. Ora dapat berlari mengejar mangsa hingga 20km/jam. Gigitan yang tajam serta air liur yang penuh bakteri menjadi biusan maut untuk mangsa.

Ranger Pulau Rinca juga berkata, jika seekor ora mendekat diharapkan pengunjung agar tetap tenang dan jangan bergerak, hingga ranger memandu untuk bergerak. Hal ini dilakukan demi keselamatan para pengunjung. Tentunya ranger telah dilatih untuk menghadapi situasi dan kondisi tersebut.

Baca Juga:  Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Sapi Diare
Loading...
Loading...