Komposisi Media Tanam yang Bagus untuk Tabulampot Mangga

Pertanianku — Tabulampot atau tanaman buah dalam pot merupakan salah satu media yang sering dipelihara oleh pehobi tanaman buah di pekarangan rumah atau di area-area agrowisata. Jenis tabulampot yang sangat mudah Anda jumpai adalah tabulampot mangga. Memelihara tabulampot ini terbilang cukup mudah dibanding beberapa jenis tanaman buah lainnya.

tabulampot mangga
foto: Pertanianku

Mangga bisa tumbuh subur di dataran rendah hingga dataran tinggi. Kondisi suhu ideal yang dibutuhkan oleh tanaman mangga adalah 24—30°C.

Salah satu penyebab mudahnya memelihara tabulampot mangga adalah akses untuk mendapatkan bibit mangga. Banyak penjual bibit di pasaran yang menjual bibit mangga dengan berbagai varietas. Kemudahan tersebut sudah pasti sangat membantu para hobiis untuk menekuni hobi mereka.

Pastikan bibit yang Anda beli dari toko pertanian merupakan bibit berkualitas. Salah satunya Toko Trubus yang menyediakan beragam bibit mangga berkualitas, baik mangga lokal maupun mangga introduksi unggulan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.

Tabulampot mangga bisa ditanam dalam wadah pot berdiameter 30 cm dengan kedalaman 35 cm. Pada bagian dasar wadah pot diberikan lubang sebagai aerasi.

Setelah mempersiapkan wadah atau pot, hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah media tanam. Media tanam merupakan hal penting yang harus disiapkan sesuai dengan kriteria tanaman. Pasalnya, tiap tanaman membutuhkan kondisi media tanam yang berbeda-beda. Kondisi media tanam yang tidak sesuai dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi terganggu.

Ada enam formulasi media tanam yang bisa Anda gunakan untuk menanam mangga, simak ulasannya di bawah ini.

Formula 1

Media tanam ini berisi campuran tanah, pasir, pupuk kandang, dan kompos dengan perbandingan 1 tanah, 1,2 pasir, 1 pupuk kandang, dan 1 kompos.

Baca Juga:  Kenal Lebih Dekat dengan Manfaat Gaharu

Formula 2

Media tanam ini berisi campuran tanah, pupuk kandang, dan kompos dengan perbandingan 1 tanah, 1 pupuk kandang, dan ½ kompos.

Formula 3

Media tanam ini berisi campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 tanah, 1 pasir, dan 1 pupuk kandang.

Formula 4

Media tanam ini berisi campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 tanah, 1 pasir, dan 2 pupuk kandang.

Formula 5

Media tanam ini berisi tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 tanah, 2 pasir, dan 2 pupuk kandang.

Formula 6

Media tanam ini berisi campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 2 tanah, 1 pupuk kandang, dan 4 sekam padi.

 

 

 


loading...