Komposter, Alat dan Wadah untuk Membuat Kompos Sendiri agar Lebih Mudah

Pertanianku — Anda bisa membuat kompos sendiri untuk keperluan pribadi dengan menggunakan komposter. Alat dan wadah pembuat kompos ini terbuat dari tong plastik atau kotak semen yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Alat ini bisa digunakan di dalam ruangan atau di luar ruangan.

komposter
foto: pixabay

Secara umum, komposter terbagi menjadi dua jenis, yakni aerob dan anaerob. Kedua jenis tersebut memiliki perbedaan berupa kebutuhan udara selama proses pengomposan dan kriteria bahan organik yang bisa dikomposkan.

Saat ini, Anda sudah bisa dengan mudah mencari alat pembuat kompos tersebut di pasaran. Anda bisa menempatkannya di halaman rumah agar mudah menggunakannya. Kapasitas yang beredar di pasaran cukup bervariasi, mulai dari 20 liter hingga 200 liter. Kisaran harganya pun cukup bervariasi, mengikuti bahan baku serta kapasitas yang dimiliki.

Keberadaan komposter dapat memudahkan para pengguna untuk memenuhi kebutuhan kompos untuk dirinya sendiri. Anda bisa memilih komposter berdasarkan kemampuan serta kebutuhan Anda sendiri.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh alat pembuat kompos siap pakai ini adalah tidak akan mengeluarkan bau saat proses pengomposan berlangsung.

Komposter bisa diletakkan di kebun atau halaman yang tidak begitu jauh dari dapur. Sebenarnya, alat ini bisa diletakkan di mana saja asal tanahnya tidak tergenang air saat turun hujan. Sebaiknya, letakkan di tanah yang rata agar proses pengomposan bisa berjalan lebih stabil.

Pada bagian dasar, alat ini memiliki lubang yang berfungsi untuk mengalirkan air dari dalam alat. Namun, lubang tersebut dimodifikasi agar organisme lain seperti cacing dan mikroba yang berasal dari luar tidak bisa masuk ke alat pengomposan.

Sebaiknya, letakkan alat pembuat kompos ini di daerah yang terkena sinar matahari agar memungkinkan terjadinya proses composting suhu tinggi (thermophilic composting).

Baca Juga:  Philodendron Bipinnatifidum, Tanaman Hias yang Bagus untuk di Dalam Ruangan

Penggunaan alat pembuat kompos ini terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan bahan organik ke dalamnya. Lapisan bahan organik yang dimasukkan sebaiknya berselang-seling, seperti sampah dapur dan sampah kering yang berasal dari kebun. Jangan masukkan bahan organik yang sulit untuk terdekomposisi seperti sampah sisa makanan.

 

 


loading...