Kondisi Peternakan Kambing dan Domba di Indonesia


Pertanianku – Kambing maupun domba bukan termasuk ternak yang asing. Kedua ternak tersebut banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Peternakan kambing dan domba (disingkat Kado) merupakan ternak yang telah lama dipelihara di Indonesia. Populasi ternak domba pada tahun 2002 sekitar 7,6 juta ekor dan populasi kambing relatif lebih  sedikit. Sebagian besar atau hampir 97%, Kado diusahakan oleh peternak di daerah pedesaan hanya dalam skala kecil.

Kondisi-Peternakan-Kambing-dan-Domba-di-Indonesia

 

Ternak Kado memiliki kemudahan dalam hal pemberian pakan berupa hijauan. Selain itu, Kado juga memiliki daya adaptasi yang baik terhadap berbagai keadaan lingkungan sehingga dapat diternakkan di mana saja dan dapat berkembang biak sepanjang tahun. Pada peternak skala kecil, pemeliharaan Kado diusahakan secara sambilan karena usaha ini hanya menggunakan tenaga keluarga dengan tujuan untuk menabung dan penjualan ternak dapat dilakukan sewaktu-waktu.

Sebenarnya, induk Kado dapat dipelihara secara produktif sampai umur enam tahun. Usaha pembibitan Kado untuk menghasilkan cempe (anak) atau bakalan belum mendapatkan perhatian yang besar dari berbagai kalangan pengusaha.

Sumber: Buku Teknik Pembibitan Kambing dan Domba

Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!
loading...
loading...