Konsep Urban Farming yang Bisa Anda Aplikasikan di Pekarangan Rumah

PertaniankuUrban farming itu mudah dan menyenangkan. Anda bisa memulainya dari skala yang paling kecil sebagai media untuk belajar. Hal penting yang harus Anda miliki adalah tekun, rajin, dan bersemangat untuk terus belajar.

urban farming
foto: pertanianku

Kegiatan urban farming bisa Anda lakukan di sisa lahan yang berada di pekarangan rumah. Dengan begitu, Anda bisa menghidupkan pekarangan dan melakukan kegiatan positif. Melansir dari buku Urban Farming, terdapat beberapa konsep urban farming yang cocok diaplikasikan di pekarangan rumah, simak ulasannya berikut ini.

Konvensional

Konsep konvensional dilakukan dengan teknologi sederhana. Media tanam utama yang digunakan juga masih berupa tanah. Ciri-ciri lain dari konsep ini adalah dilakukan secara manual dan masih mengandalkan lahan terbuka. Bila dilakukan di dalam ruangan, area yang dipilih harus bisa mendapatkan sinar matahari seperti di dekat jendela atau menggunakan pencahayaan buatan.

Hidroponik

Secara harfiah, kata “hidroponik” diambil dari bahasa Latin yang berarti “air yang bekerja”. Pada konsep ini, media tanam yang digunakan bukan tanah. Metode hidroponik menumbuhkan tanaman dengan menggunakan nutrisi berupa mineral yang terlarut dalam air.

Pada sistem hidroponik, Anda membutuhkan penopang yang dapat membuat tanaman berdiri dengan tegak. Penopang yang biasa digunakan adalah heydite dan rockwoll.

Tanaman yang dapat dibudidayakan dengan konsep hidroponik cukup banyak. Akan tetapi, yang direkomendasikan adalah tanaman sayur daun, stroberi, kacang, herba, tomat, bawang merah, timun, dan lobak.

Akuaponik

Akuaponik merupakan teknologi bertanam baru yang sedang populer dan dikembangkan oleh banyak pihak. Pada sistem ini, pembesaran ikan dan tanaman dilakukan secara bersinergi. Limbah dari ikan digunakan sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman. Peralatan yang digunakan cukup kompleks, mulai dari biofilter, pompa udara, hingga pengatur waktu.

Baca Juga:  Upaya Kalsel di Bidang Pertanian untuk Menghadapi Perubahan Iklim

Seluruh konsep urban farming tersebut bisa Anda simak di dalam buku Urban Farming. Penjelasan yang ada di dalamnya dilengkapi dengan berbagai ilustrasi menarik sehingga membuat kegiatan urban farming menjadi lebih mudah dimengerti dan menyenangkan. Untuk mendapatkannya, hubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau kunjungi Shopee Mall dan Tokopedia Penebar Swadaya.