Konstruksi Kandang Sapi yang Ideal

Pertanianku — Konstruksi kandang sapi harus dibangun sesuai dengan kebutuhan sapi agar sapi yang hidup di dalam kandang merasa nyaman. Selain membuat ternak nyaman, kandang juga harus kuat, mudah dibersihkan, dan bersirkulasi udara baik. Pasalnya, kandang juga sebagai tempat untuk ternak berlindung.

kandang sapi
foto: Pertanianku

Bagian-bagian dari konstruksi kandang sapi yang patut diperhatikan adalah arah kandang, ventilasi, atap, dinding, dan lantai kandang.

Arah kandang

Bangunan kandang tunggal harus dibangun menghadap ke arah timur. Sementara itu, kandang ganda membujur ke arah utara-selatan sehingga sinar pagi dapat masuk ke ruangan atau lantai kandang secara leluasa.

Ventilasi

Ventilasi merupakan jalur keluar-masuknya udara dari dalam kadang dan dari luar kandang. Ventilasi harus berfungsi dengan sempurna karena berperan penting untuk mengeluarkan udara kotor dari dalam kandang dan menggantinya dengan udara bersih dari luar.

Pengaturan ventilasi yang tidak sempurna selain dapat menyebabkan sirkulasi udara kotor terhambat, suhu dan kelembapan udara di dalam kandang menjadi tidak sesuai dan udara menjadi kotor, apalagi jika kapasitas di dalam kandang terlalu berlebihan. Hal ini disebabkan oleh adanya gas dan aroma dari kotoran hewan yang tidak bisa keluar dengan cepat.

Atap

Bahan yang digunakan untuk membuat atap harus ekonomis, awet, dan nyaman. Atap dibangun dengan kemiringan 30°, bagian yang miring meluncur ke belakang. Adapun bahan atap yang bagus untuk digunakan adalah genting, seng, asbes, daun kelapa, daun nipah, atau bahan-bahan lain.

Dinding

Dinding kandang erat kaitannya dengan pengaturan ventilasi udara dan masuknya sinar matahari pagi. Pengaturan ketinggian dinding harus setinggi atau lebih tinggi dari ternak sapi. Bahan yang digunakan harus dapat memberikan rasa nyaman pada sapi, bermanfaat, dan ekonomis. Bahan pembuatan dinding yang dapat digunakan antara lain anyaman bambu, papan, tembok, dan sebagainya.

Baca Juga:  Permasalahan Peternakan Ayam yang Kerap Muncul Saat Musim Pancaroba

Lantai kandang

Lantai kandang harus berpermukaan rata, tidak licin, tidak mudah lembap, dan tahan injakan. Lantai kandang harus mudah kering dan dibuat agak miring agar mudah dibersihkan serta air kencing hewan mudah mengalir ke luar kandang.