Konstruksi Kandang Terbuka Untuk Ayam Pedaging


Pertanianku – Kandang panggung dapat didirikan di darat maupun di atas kolam. Kandang yang didirikan di atas kolam merupakan perpaduan dari peternakan ayam dan kolam ikan. Kandang panggung juga dapat didirikan di darat, asalkan ada aliran udara yang sehat.

Konstruksi Kandang Terbuka Ayam Pedaging

Konstruksi kandang panggung memiliki model paling praktis. Selain itu, biaya pembuatan kandang cukup terjangkau dan bahan yang relatif banyak tersedia di sekitar kandang.Adapun bahan yang dapat digunakan antara lain tiang dari kayu bulat atau dolken, slat dari bambu, d an atap dari daun rumbia, asbes, genting, atau seng. Kandang panggung dengan alas slat atau bilah bambu merupakan salah satu pilihan yang baik. Alasannya adalah harga pembuatannya lebih murah dibandingkan kandang kayu atau plastik. Selain itu, ketersediaan bahan bakunya yang tinggi di sekitar lokasi kandang atau peternakan.

Konstruksi kandang tersebut merupakan gambaran yang pernah dibuat dan dioperasikan dengan hasil yang cukup baik. Konstruksi juga dapat dikembangkan yang lebih baik lagi, misalnya atap kandang bisa diganti dengan asbes atau genting. Demikian juga dengan kayu dolken dan bambu bisa digantikan dengan bahan bangunan yang lebih baik dan permanen.

Prinsipnya tidak akan keluar dari kaidah bangunan kandang yang baik bagi tumbuh-kembangnya ayam broiler. Adapun sumber baku material pembuatan kandang dapat disesuaikan dengan kondisi dan potensi masing–masing wilayah. Tujuannya untuk menekan biaya.

 

Sumber: Buku Panduan Praktis Pembesaran Ayam Pedaging

 

Baca Juga:  Fakta Baru! Lemak Susu Bisa Hindarkan Penyakit tak Menular
loading...
loading...