Konsumsi Air Tebu Ternyata Bermanfaat Lho!


Pertanianku – Air tebu menjadi salah satu minuman yang paling banyak ditemukan pada saat musim kemarau. Semua orang suka dengan aroma dan rasanya yang sangat khas. Rasa manis alami sangat menyegarkan dan menjadi pengganti energi tubukonsumsi-air-tebu-ternyata-bermanfaat-lhoh yang hilang saat cuaca panas. Meminumnya dengan es akan sangat menyegarkan. Terlebih, tanaman tebu memang banyak ditemukan di hampir wilayah Indonesia.

 

Rasanya yang manis dan segar sering digunakan sebagai pemanis pada aneka macam kue dan berbagai jenis minuman. Tebu juga menjadi bahan dasar pembuatan gula pasir.

Manfaat air tebu untuk kesehatan cukup banyak. Di dalamnya mengandung berbagai macam zat yang cukup baik untuk tubuh manusia. Selain itu, air tebu juga bisa diminum secara langsung setelah diperas atau diparut.

Berikut manfaat air tebu untuk kesehatan.

Mengatasi infeksi

Kandungan yang terdapat di dalam tebu ternyata dapat menyembuhkan infeksi seperti infeksi saluran kemih.

Meluruhkan batu ginjal

Penyakit batu ginjal atau yang sering kita kenal dengan nama penyakit kencing batu merupakan penyakit yang terjadi akibat gangguan saluran kemih dengan terbentuknya kristal-kristal seperti batu di saluran tersebut sehingga bisa mengakibatkan penyumbatan, timbulnya rasa nyeri serta pendarahan. Batu ginjal biasanya timbul karena terjadinya dehidrasi di dalam tubuh. Kandungan alami yang ada di dalam tebu berfungsi sebagai salah satu bahan untuk mencegah dan mengatasi penyakit batu ginjal.

Mencegah kanker

Penyakit kanker ada yang ganas dan ada juga yang masih terbilang jinak. Tanda keganasan kanker bisa kita lihat dengan cepatnya sel kanker berkembang dan membuat tubuh menjadi semakin parah. Jika ingin mencegah kanker, Anda bisa mengonsumsinya karena kandungan zat yang terdapat di dalam air tebu dipercaya dapat mencegah kanker.

Baca Juga:  Ini Risiko Menyimpan Telur di Lemari Es

Baik untuk penderita diabetes

Mungkin cukup mengejutkan bagi kita bahwa cairan yang memiliki warna manis dan kaya akan kandungan gula ini bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ini tentu saja membuat kita heran karena seperti diketahui bahwa penyakit diabetes pantang sekali mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula. Namun, perlu Anda ketahui bahwa kandungan gula yang ada dalam tebu merupakan gula alami yang tidak berbahaya meskipun dikonsumsi oleh orang yang terkena penyakit diabetes.

loading...
loading...