Konsumsi Brokoli Dapat Mencegah Stroke, Benarkah?


Pertanianku – Sayuran hijau satu ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit berbahaya. Sebuah pil yang memanfaatkan bahan kimia penting yang terkandung di dalam brokoli dipercaya dapat diberikan kepada pasien untuk melindungi dari efek stroke yang paling merusak.

Foto: pixabay

Hal ini dilakukan oleh peneliti Inggris yang telah membuktikan bahwa molekul yang disebut sulforaphane, yang terjadi secara alami di sayuran, dapat mengaktifkan enzim pelindung pada bagian otak.

Ilmuwan di King’s College London menemukan bahwa enzim ini dapat menghilangkan sel radikal bebas berbahaya yang merusak dan membunuh sel lain dalam proses yang dikenal sebagai stres oksidatif, yang telah dikaitkan dengan penyakit seperti kanker dan alzheimer.

Penelitian ini dipuji karena dianggap sebagai terobosan baru dunia medis. Penemuan bahwa bahan kimia brokoli dapat meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh stroke dapat membuka jalan bagi ribuan orang yang berisiko stroke untuk meminum pil sederhana setiap hari.

Seperti dilansir Daily Mail, pihak British Heart Foundation yang mendanai penelitian tersebut, mengatakan bahwa ada kebutuhan mendesak untuk perawatan baru untuk mencegah kerusakan akibat stroke.

Direktur medis asosiasi, Profesor Jeremy Pearson, mengungkapkan bahwa tes menunjukkan sulforaphane dapat mengurangi tingkat keparahan stroke pada tikus. Dia menambahkan bahwa jika memiliki efek yang sama pada manusia, di masa depan kita akan dapat melihat orang minum pil setiap hari untuk mencegah efek stroke, sama seperti penggunaan statin saat ini untuk mencegah serangan jantung.

Baca Juga:  Merawat Ginjal agar Lebih Sehat dengan Buah dan Sayuran ini
loading...
loading...