Konsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari Dapat Memperpanjang Usia


Pertanianku – Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari memang menjadi suatu keharusan jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat. Terdapat sebuah studi yang mengungkapkan jika ingin memiliki umur panjang haruslah mengonsumsi buah dan sayur setiap hari.

Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Epidemiology, dilansir Foxnews, menemukan bahwa jika setiap orang mengonsumsi sedikitnya 8 porsi sayuran dan buah per hari, hal ini bisa menurunkan 7,8 juta kematian di seluruh dunia.

Peneliti dari Norwegian University of Science and Technology (NTNU) mendapatkan temuan ini setelah menganalisis 95 studi serupa sebelumnya. Menurut peneliti, mengonsumsi 800 gram buah dan sayur setiap hari dapat menurunkan 11 persen risiko kematian dini.

Kandungan anti-oksidan, vitamin C, serat, kalium dan flavonoid di dalam buah dan sayur ditengarai menjadi alasan mengapa hal ini bisa meningkatkan harapan hidup seseorang.

Beberapa buah yang memiliki semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, menurut peneliti antara lain apel, pir, jeruk, dan sayuran berdaun hijau.

“Buah dan sayur memang diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat, tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah serta kekebalan tubuh. Ini sebabnya mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah dapat memberi manfaat umur yang lebih panjang,” kata peneliti utama, Dagfinn Aune.

Baca Juga:  Anda Vegetarian, Sudahkah Kebutuhan Protein Tercukupi?
loading...
loading...