Konsumsi Buah Ini Jika Ingin Detoks Tubuh Secara Alami

Pertanianku – Mengonsumsi buah-buahan tidak hanya menyehatkan dan juga sebagai penyeimbang nutrisi saja. Mengosnumsi buah dengan rutin setiap hari juga berguna untuk detoksifikasi tubuh Anda. Bahkan cara ini dinilai sangat efektif. Bahkan, beberapa di antaranya menganjurkan mengonsumsi buah dalam keadaan perut kosong.

Studi mengklaim, ketika seseorang suka makan buah saat perut kosong dapat membuang racun di sistem pencernaannya. Anda juga lebih mudah terbebas dari gangguan pencernaan. Para ahli menyarankan agar Anda makan buah di waktu pagi hari. Jangan konsumsi sumber karbohidrat lebih dulu jika ingin kenyang tahan lama.

Makan buah saat perut kosong juga cepat diserap oleh tubuh. Anda pun menjadi lebih sehat dan bebas dari ancaman radikal bebas. Semua buah-buahan yang dikonsumsi, yakni mengandung tinggi anti-oksidan. Selain itu, buah kaya serat, vitamin, dan mineral penting.

Biasakan untuk mengonsumsi buah segar di waktu pagi setiap harinya. Jika bosan mengonsumsi buah potong, Anda juga bisa membuatnya menjadi jus yang segar. Jika Anda rutin mengonsumsi buah, kebutuhan serat alami dapat terpenuhi dengan baik dan juga tak akan ada gangguan pada sistem pencernaan Anda.

Berikut ini sejumlah buah yang berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh jika dikonsumsi saat perut kosong, sebagaimana mengutip Boldsky.

1. Apel

Mengonsumsi apel setiap hari, dapat mencegah serangan jantung, kanker usus, dan juga stroke. Hal ini karena buah apel memiliki kandungan vitamin A, anti-oksidan, dan flavonoid yang seimbang.

2. Jeruk

Jika mengonsumsi buah jeruk sebanyak 2—4 buah per hari ketika perut kosong, manfaat yang akan Anda dapatkan adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah dan meluruhkan batu ginjal, serta dapat mencegah risiko kanker usus besar yang sangat membahayakan.

Baca Juga:  Kafein Juga Bisa Bikin Overdosis

3. Semangka

Buah yang satu ini mengandung 92% air dan juga mengandung glutathione. Anda yang mengonsumsinya lebih mudah mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Semangka juga tinggi lycopene yang baik untuk melawan kanker. Nutrisi lain yang ditemukan pada semangka adalah vitamin C dan potassium.

4. Jambu biji


Mengonsumsi jambu biji yang merupakan superfood ini dapat melawan sembelit. Sebab, jambu biji mengandung vitamin A dan kaya serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

5. Kiwi

Buah kiwi merupakan sumber potassium, magnesium, vitamin E, dan serat yang baik. Kandungan vitamin C dari buah ini juga dua kali lebih banyak daripada jeruk.

Jadi, jangan lupa mengonsumsi buah-buahan setiap harinya ya!