Konsumsi Buah Ini Untuk Mencegah Risiko Alzheimer


Pertanianku – Penyakit alzheimer (penurunan kemampuan kognitif) tidak boleh dipandang sebelah mata. Penyakit ini biasanya akan menyerang seseorang yang sudah berusia lanjut (lansia). Akan tetapi, penyakit ini bisa juga dialami oleh seseorang yang berusia muda.

Risiko alzheimer sendiri bisa terjadi karena banyak hal. Bisa berupa pola hidup yang salah, akibat konsumsi obat terlarang, efek konsumsi minuman beralkohol, juga karena seringnya mengonsumsi junk food.

Meski begitu kita tak perlu khawatir akan alzheimer. Dikutip dari laman asiantown, alzheimer sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa cara. Mulai dari konsumsi berbagai makanan yang baik buat otak dan sangat baik dalam mencegah risiko alzheimer, jangan melupakan aktivitas olahraga juga konsumsi beberapa buah yang memang mengandung nutrisi baik dalam mencegah alzheimer. Salah satu buah yang bisa mencegah alzheimer sendiri adalah buah raspberry.

Penelitian terbaru menemukan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam raspberry sangat baik untuk otak. Tak hanya itu saja, beberapa vitamin juga senyawa di dalam buah raspberry dikatakan sangat baik dalam mencegah alzheimer. Senyawa yang baik buat mencegah alzheimer itu adalah senyawa resveratrol.

Selain ditemukan di buah raspberry juga buah jenis beri, senyawa ini juga sering kali ditemukan di dalam anggur merah dan cokelat hitam. Studi yang dilakukan di Georgetown University Medical Centre menemukan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam buah raspberry bisa mencegah dan memperlambat risiko alzheimer. Lantas, kenapa nutrisi ini bisa mencegah alzheimer?

Peneliti mengungkapkan bahwa nutrisi pada raspberry ini mampu mengatasi protein berlebih dalam otak penyebab alzheimer. Ketika protein berlebih di otak penyebab alzheimer bisa diatasi dan dikurangi atau bahkan dihilangkan, hal ini tentunya akan membuat otak tetap sehat, kemampuan kognitif selalu baik dan alzheimer pun bisa dicegah.

Baca Juga:  Studi: Sayur Terbaik Pencegah Kanker Payudara

Seorang profesor bernama Claude Wischik dari Universitas Aberdeen mengatakan, “Raspberry dan buah sejenisnya sangat baik dalam mencegah alzheimer. Penelitian kami menemukan di dalam buah raspberry terdapat senyawa yang mampu mengatasi protein berlebih di otak penyebab alzheimer atau penurunan kemampuan kognitif.”

Sementara itu, seorang asisten professor, yakni Charbel Moussa, menyebutkan, “Temuan ini menunjukkan bahwa senyawa resveratol dalam buah raspberry mampu mengendalikan kesehatan otak dengan baik. Senyawa ini tak hanya mencegah Alzheimer, tetapi juga membunuh sel penyebab radang otak, kanker ataupun berbagai risiko berbahaya lainnya.”

Melihat ada banyak manfaat dari buah raspberry buat kesehatan khususnya kesehatan otak, tak ada salahnya buat kita untuk mulai menyukai dan mengonsumsinya secara rutin.

loading...
loading...