Konsumsi Buah Pisang untuk Sarapan, Bagus atau Tidak?


Pertanianku – Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan cukup banyak. Tidak hanya itu, banyak orang menjadikan pisang sebagai menu sarapannya di pagi hari. Hal ini karena sarapan pisang di pagi hari dianggap lebih cepat dibanding mengonsumsi menu sarapan lainnya.

Konsumsi Pisang untuk Sarapan, Bagus atau Tidak?

Tahukah Anda sarapan dengan hanya mengonsumsi buah pisang adalah salah? Menurut para ahli, buah satu ini bukanlah pilihan sarapan yang tepat. Bahkan, sarapan dengan pisang dapat merusak diet yang sedang Anda jalankan.

Menurut ahli gizi dr. Daryl Gioffre, meskipun pisang memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk kesehatan, seperti kalium dengan jumlah tinggi, serat dan magnesium, tetap saja pisang bukanlah pilihan sarapan yang benar.

Buah berwarna kuning ini mengandung gula alami yang tinggi sebanyak 25%, yang dipasangkan dengan tingkat sedang keasaman. Jika Anda memakan pisang di pagi hari, tubuh akan mengalami dorongan peningkatan kadar gula yang cepat dan mengakibatkan Anda merasa lebih lelah dan lapar di pertengahan pagi.

“Pisang akan memberikan dorongan gula yang cepat yang membuat Anda segera merasa lelah dan lapar,” tutur Gioffre.

Selain itu, konsumsi pisang juga tidak bagus untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. Menurutnya, ketika gula dikonsumsi dalam bentuk apa pun, itu akan mengalami proses fermentasi. Misalnya, bir dan anggur akan berubah menjadi asam dan alkohol di dalam tubuh Anda.

“Ini akan mengunci sistem pencernaan Anda,” tambah Gioffre.

Namun, ada solusi dari Gioffre, yaitu kita dapat mengonsumsi pisang dan memasangkannya dengan makanan yang lain.

“Tanpa menyeimbangkan pisang dengan lemak sehat saat sarapan, banyak manfaat pisang yang akan hilang, sementara Anda hanya mendapatkan lonjakan gula darah dan asam,” jelas Gioffre.

Baca Juga:  Begini Caranya agar Alpukat Tak Cepat Berubah Warna

Untuk mengonsumsi pisang dengan makanan yang bisa menetralisir asam dan memperlambat metabolisme gula untuk mencegah lonjakan dan efek negatif. Cobalah lemak sehat seperti selai kacang, rempah-rempah, atau sayuran.

Jadi, jika Anda tetap ingin mengonsumsi pisang pada pagi hari, cobalah menambahkannya ke makanan lain agar Anda merasa kenyang saat makan siang tiba. Misalnya, menaruh irisan pisang pada oats, campuran roti panggang dengan selai kacang, atau menambahkan beberapa yoghurt bebas gula.

loading...
loading...