Konsumsi Jamur Tiap Hari, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh, Waspada!


Pertanianku – Jamur merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi manusia. Namun, perlu diingat bahwa tak semua jamur bisa dikonsumsi. Pasalnya, beberapa jenis jamur memiliki racun yang sangat berbahaya jika dikonsumsi.

Foto: pixabay

Jamur yang dapat dikonsumsi pun cukup beragam. Tak heran, jika jamur dijadikan hidangan makanan yang pasti akan menggugah selera makan Anda.

Salah satu hidangan jamur yang banyak disukai, yakni sup jamur, jamur goreng crispy. Bahkan, yang paling terbaru nugget jamur.

Sebagaimana dilansir dari boldsky, jamur kaya akan protein, vitamin, mineral, asam amino, dan anti-oksidan. Kadar protein dalam jamur juga cukup tinggi. Bahkan, jamur sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin bagi Anda yang sedang melakukan diet sebagai pelengkap asupan serat harian.

Mengonsumsi jamur secara rutin juga sangat disarankan karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk mencegah kanker.

Apa saja sih manfaat jamur jika dikonsumsi setiap hari?

Tinggi vitamin D

Jamur adalah sumber vitamin D yang tinggi. Jamur akan memproduksi vitamin D jika terpapar sinar matahari.

Anti-oksidan

Anti-oksidan dalam jamur sangatlah kaya sehingga cocok untuk mencegah kerusakan sel tubuh dan menangkal radikal bebas.

Meningkatkan metabolisme

Selain vitamin D, jamur juga kaya akan vitamin B sebagai pasokan energi. Nah, aneka vitamin ini diperlukan oleh tubuh sehingga akan meningkatkan metabolisme.

Sumber zat besi

Jamur adalah produsen zat besi yang baik sehingga dengan rutin konsumsi jamur, kita tak perlu khawatir lagi kekurangan hemoglobin dan sel darah merah.

Itulah beraneka macam manfaat yang akan Anda dapatkan jika rutin mengonsumsi jamur setiap hari. Perlu diingat, Anda harus benar-benar memastikan bahwa jamur yang dikonsumsi aman dan tidak mengandung racun.

Baca Juga:  Makan Tomat Bisa Kurangi Kolesterol Jahat? Begini Kata Peneliti
loading...
loading...