Konsumsi Kacang Tanah Sangat Bermanfaat, lho!


Pertanianku — Apakah Anda penyuka kacang tanah? Orang-orang biasanya mengonsumsi kacang tanah setelah kacang tersebut disangrai atau direbus. Tapi, tahukah Anda ternyata konsumsi kacang tanah sangat bermanfaat bagi kesehatan?

konsumsi kacang tanah sangat bermanfaat
Pixabay

Kacang tanah dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan sebutan Arachis hypogea. Beberapa orang lebih suka memanggilnya dengan sebutan ‘kacang’. Saat ini, kacang tanah dapat Anda nikmati dalam beragam sajian, dari selai hingga sambal. Selain rasanya yang nikmat, manfaat kacang tanah bila dikonsumsi pun perlu Anda ketahui. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini.

  1. Menurunkan berat badan

Suatu penelitian yang dilakukan oleh O’Byrne DJ berhasil mengungkapkan bahwa mengonsumsi kacang selama enam bulan mampu menurunkan berat badan hingga 3 kilogram.

Dalam penelitian ini, partisipan merupakan wanita yang telah memasuki masa menopause. Kondisi ini terjadi karena terdapat penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh partisipan. Dan, setelah melakukan diet dengan mengonsumsi makanan rendah lemak tak jenuh tunggal yang kaya akan kandungan asam oleat kacang.

Penelitian tersebut juga didukung dengan penelitian yang dilakukan oleh Alper CM. Dalam penelitian tersebut telah diungkapkan bahwa memakan kacang mampu membuat Anda merasa puas sehingga mengurangi keinginan untuk makan camilan lain.

Kandungan protein dan lemak tak jenuh tunggal yang dimiliki oleh kacang mampu memicu peningkatan pelepasan energi tubuh hingga 11 persen setelah mengonsumsi kacang selama 19 minggu.

  1. Kesehatan jantung

Penelitian yang dilakukan oleh Guasch-Ferre menyimpulkan bahwa pemberian suplemen yang mengandung kacang kepada 7.216 pria dan wanita berusia 55—80 tahun mampu mengurangi peluang terserang penyakit kardiovaskuler. Penuruannya hingga 34 persen karena kacang tanah kaya akan magnesium yang diyakini mampu mengatasi kanker, jantung, dan penyakit lainnya.

Baca Juga:  Konsumsi Kedelai Selama Menopause, Ini Manfaatnya

Hal ini didukung suatu studi yang mengatakan bahwa konsumsi kacang selama 30 minggu mampu menurunkan trigliserida sebesar 24 persen. Serta, menaikkan kadar magnesium dalam tubuh yang mampu menurunkan risiko paparan penyakit kardiovaskuler terhadap tubuh Anda.

  1. Kesehatan empedu

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tsai CJ, jika secara rutin mengonsumsi kira-kira 5 ons kacang tiap minggu dapat menurunkan peluang Anda terserang batu empedu.

Umumnya, batu empedu terjadi karena adanya penumpukan kolesterol pada empedu Anda. Sementara, kacang memiliki kandungan yang mampu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh itu.

Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Lokko P, yang menambahkan bahwa mengonsumsi secara rutin selama delapan minggu, mampu menurunkan kadar kolesterol total (7,2 persen) dan trigliserida (20 persen) dalam tubuh.

loading...
loading...