Konsumsi Kentang Saat Hamil dapat Menyebabkan Diabetes?


Pertanianku – Saat melakukan diet biasanya seorang wanita tidak mengonsumsi nasi dan mengganti asupan karbohidrat dengan kentang. Namun, sebuah studi menunjukkan bahwa semakin banyak mengonsumsi kentang dalam diet yang dilakukan wanita hamil, semakin besar kemungkinan diabetes hingga bahaya komplikasi yang serius pada kandungannya.

Konsumsi Kentang Saat Hamil dapat Menyebabkan Diabetes

Pakar peneliti menemukan 854 kasus diabetes gestasional, yaitu diabetes yang dialami wanita selama masa kehamilan. Hal ini ditunjukkan dengan kadar glukosa yang tinggi dalam darah selama kehamilannya.

Para peneliti menemukan wanita yang memakan satu porsi kentang dalam seminggu memiliki 20 persen peningkatan risiko diabetes. Mengonsumsi dua hingga empat porsi menunjukkan 27 persen, serta lima hingga lebih porsi berpotensi 50 persen peningkatan diabetes gestasional.

Hal ini disebabkan kadar glukosa pada darah dapat membahayakan sel-sel pankreas. “Kita harus berhati-hati dalam mengonsumsi kentang, terutama bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan,” ujar Dokter Cuilin Zhang, seorang ahli epidemiologi di National Institutes of Health.

Namun, Zhang menuturkan jika mengonsumsi kentang harus diimbangi dengan sayuran yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh, serta mampu mengurangi risiko diabetes pada wanita hamil.

loading...
loading...