Konsumsi Kurma Ketika Berpuasa Mampu Turunkan Tekanan Darah Tinggi


Pertanianku – Kurma merupakan salah satu buah yang memiliki rasa manis dan begitu lezat. Selain lezat, kurma juga merupakan salah satu buah paling sehat. Kandungan nutrisi, gizi, dan vitamin di dalamnya dipercaya memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Karena begitu banyak manfaat sehatnya, tak heran jika kurma sangat disarankan sebagai menu pembuka puasa. Bahkan, Nabi Muhammad memang menganjurkan umat Muslim yang menjalani ibadah puasa berbuka dengan kurma.

Kurma adalah buah yang berasal dari Timur Tengah, rasanya manis dan eksotis. Selain rasanya yang manis alami, tahukah Anda jika kurma menyimpan manfaat yang luar biasa bagi tubuhmu. Lalu, apa saja sih manfaat kurma?

Kurma bisa membantu pengobatan beberapa penyakit seperti stroke dan masalah pencernaan. Kurma juga mengandung zat siliat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah biasanya meningkat saat Anda dalam kondisi stres dan tegang. Selain itu, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang berolahraga, dan bekerja dalam tekanan juga bisa menyebabkan tekanan darah semakin tinggi. Jika tidak dikendalikan, hipertensi dapat menyebabkan sejumlah penyakit serius seperti gagal ginjal, gagal jantung, dan stroke.

Hipertensi bukan hanya bisa terjadi pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Akhir-akhir ini, mereka yang masih tergolong berusia muda juga bisa terkena hipertensi sebegaimana melansir Boldsky. Untuk menurunkan tekanan darah, biasanya dokter memberikan anjuran untuk minum sejumlah obat-obatan.

Namun, Anda pasti tahu bukan, sering mengonsumsi obat juga tidak baik bagi tubuh. Jika tak diobati, hipertensi dapat mengganggu aktivitas dan berakibat fatal. Salah satu cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi tekanan darah adalah dengan mengonsumsi kurma. Memakan kurma secara teratur dan dalam jumlah yang tepat selama sebulan dapat mengurangi tekanan darah.

Baca Juga:  Tembakau Jadi Vaksin Kanker

Meski mengonsumsi kurma dapat menurunkan tekanan darah, Anda juga tetap harus mengonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan dokter. Namun, jika Anda mau, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengurangi dosis obat secara bertahap. Selain mengonsumsi kurma dan minum obat, Anda juga harus menjalankan pola hidup sehat agar tekanan darah dapat normal kembali seperti sedia kala.

loading...
loading...