Konsumsi Lemon Ampuh Cegah Batu Ginjal, Benarkah?


Pertanianku – Buah yang satu ini bisa dikatakan sebagai buah yang sangat populer bahkan di dunia sekalipun. Hal ini karena lemon banyak dibuat sebagai minuman sehat. Lemon digunakan tidak hanya sebagai minuman. Beberapa masakan dan kue menggunakan lemon sebagai bahan dasarnya.

Bahkan, lemon dinilai sangat baik dikonsumsi dan ampuh mencegah batu ginjal. Benarkah demikian? Hal ini karena lemon mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Yang paling dikenal, yaitu kandungan vitamin C.

Menurut Spesialis Urologi dr. Marto Sugiono, Sp.U. dari Siloam Hospital Kebon Jeruk, lemon mengandung citrat yang dapat menghambat pembentukan kristal di ginjal seseorang. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsinya, terutama bagi yang terbiasa kurang minum air putih.

“Buah lemon banyak vitamin C. Tapi yang paling penting ada namanya citrat, ini bagus untuk mencegah batu ginjal,” ungkapnya seperti mengutip Okezone.

Mengonsumsi lemon bisa dilakukan dengan berbagai cara. Baik itu dengan memakannya atau mengolahnya menjadi minuman.

“Lemonnya bisa dibuat infused water yang fresh atau bisa diperas airnya lalu diminum dengan air hangat. Atau, kalau suka diisap lemonnya akan lebih bermanfaat,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengonsumsi lemon secara rutin setiap harinya. Namun, perlu diingat, seseorang yang memiliki asam lambung sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter sebeum mengonsumsinya ya.

Anda jangan malas konsumsi lemon yang baunya harum dan bisa membangkitkan semangat. Cukup satu buah lemon dalam sehari bisa mencegah pembentukan batu ginjal.

Baca Juga:  Alpukat Buah Super, Masa Sih?
loading...
loading...