Konsumsi Lima Daun Ini untuk Meningkatkan Produksi ASI

Pertanianku — Asupan ASI diperlukan oleh bayi agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Sayangnya, tidak semua ibu bisa memberikan ASI eksklusif dengan lancar. Ibu menyusui kerap mendapatkan masalah sehingga memerlukan asupan tambahan untuk meningkatkan produksi ASI.

meningkatkan produksi ASI
Foto: Pertanianku

Daun katuk

Sudah bukan rahasia lagi jika daun yang satu ini bisa memperlancar produksi ASI. Konsumsi daun katuk bisa membantu ASI menjadi lebih berlimpah dan kental. Daun katuk sendiri memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin A, C, B, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterma.

Loading...

Cara mengonsumsi daun ini adalah dengan menyiapkan segenggam daun katuk. Daun tersebut bisa direbus, kemudian diminum air rebusannya. Bisa juga daun katuk tersebut dimakan dalam keadaan mentah dengan dijadikan lalapan atau dimasak sayur.

Daun bayam

Baik bayam merah maupun hijau sama bagusnya meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Alasannya, bayam merupakan sumber mineral dan vitamin, serta fitoesterogen yang baik untuk membantu meningkatkan ASI.

Bayam mengandung vitamin B6, protein, tiamin, asam folat, kalsium, kalium, dan nutrisi lain. Vitamin B6 inilah yang berperan penting dalam meningkatkan produksi ASI.

Cara konsumsinya adalah dengan dimasak sebagai aneka masakan. Mulai dari sayur bayam, omelet bayam, sampai botok ayam merupakan asupan yang baik bagi ibu menyusui.

Daun pepaya

Daun pepaya baik untuk kekebalan dan sistem imun tubuh. Selain itu, daun pepaya juga mengandung nutrisi yang membantu melancarkan ASI pada ibu menyusui. Daun yang memiliki rasa pahit ini memiliki kandungan karpain yang dikenal ampuh membunuh mikroorganisme.

Cara memasak daun pepaya bisa dengan ditumis, direbus, atau sebagai campuran urap. Terapi memperlancar ASI juga bisa dilakukan dengan menyiapkan tiga helai daun pepaya. Daun ini kemudian diremas dan diletakkan di atas api hingga layu. Ketika masih sangat, tempelkan daun pepaya di area payudara kecuali puting.

Baca Juga:  Bahaya Mengonsumsi Pisang Secara Berlebihan

Daum mangkokan

Daun mangkokan bisa berfungsi seperti daun pepaya. Daun ini bisa membantu memperlancar ASI karena kandungannya. Cara mengonsumsi daun mangkokan bisa dengan dimasak sebagai campuran tempe. Daun mangkokan juga bisa dimemarkan dan dicampur parutan kunyit serta minyak kelapa. Tempelkan campuran tersebut secara menyeluruh di atas payudara. Lakukan sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Daun torbangun

Tanaman ini biasa digunakan oleh masyarakat Batak sebagai makanan tambahan bagi ibu menyusui. Hal ini karena daun torbangun dipercaya bisa meningkatkan ASI pada ibu sekaligus memperkuat fisik ibu yang baru saja melahirkan.

 

Loading...
Loading...