Konsumsi Pisang dan Pepaya, Cara Mudah Mencegah Covid-19

Pertanianku — Sejak Covid-19 masuk ke Indonesia, seluruh pihak fokus menangani permasalahan virus tersebut dengan berbagai cara, salah satunya dengan tindakan pencegahan. Mencegah Covid-19 bisa dilakukan dengan meningkatkan kekebalan imun tubuh. Daya tahan imun tubuh bisa meningkat jika Anda menyeimbangkan antara asupan nutrisi dan olahraga rutin.

mencegah covid-19
foto: pixabay

Salah satu asupan penting yang tidak boleh dilupakan adalah buah-buahan. Semua buah mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh dan cukup mudah didapatkan. Seperti pisang dan pepaya, kedua buah tersebut sangat mudah untuk ditemukan di pasar dengan harga yang murah. Anda bisa meningkatkan imunitas tubuh dengan rajin mengonsumsi pisang dan pepaya.

Dirjen Hortikultura, Prihasto Setyanto, membentuk program Gedor Horti atau Gerakan Mendorong Daya Saing dan Ramah Lingkungan Hortikultura. Gerakan ini dibuat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk buah-buah lokal sehingga masyarakat tertarik mengonsumsinya.

“Dengan demikian, Kementerian Pertanian akan memperkuat budidaya buah, terutama varietas-varietas tertentu yang dibutuhkan saat ini seperti buah yang dapat meningkatkan kekebalan imun, seperti buah pisang dan pepaya,” tutur Prihasto seperti dikutip dari laman hortikultura.pertanian.go.id.

Pisang sangat mudah untuk ditemukan di pasaran. Rutin mengonsumsi pisang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Pisang mengandung kalsium, fosfor, dan nitrogen yang bagus untuk memperbaiki dan meregenerasi jaringan pada tubuh.

Buah pisang juga kaya akan serat dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menunjang pertumbuhan janin di dalam rahim karena pisang mengandung kalium dan asam folat.

Buah lain yang bisa meningkatkan imunitas tubuh adalah pepaya. Tidak hanya buahnya, daun pepaya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Pepaya mengandung antioksidan beta karotenoid yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pepaya sangat bagus digunakan untuk mencegah dan mengobati gangguan saluran pencernaan, diuretik, dan obat penenang.

Baca Juga:  Alasan Pemangkasan Pohon Buah Harus Dilakukan

Pepaya mengandung vitamin C, A, B1, B3, E, dan K, serta beberapa mineral seperti kalsium dan magnesium.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Buah dan Florikultura Liferdi Lukman menyatakan, produksi buah-buahan lokal sangat beragam dan melimpah serta mudah didapatkan.

“Dengan membeli dan mengonsumsi buah lokal yang kaya kandungan gizi dan vitamin, maka otomatis dapat meningkatkan imun tubuh sekaligus berperan serta meningkatkan kesejahteraan petani kita,” papar Liferdi Lukman, Direktur Buah dan Florikultura.


loading...