Konsumsi Semangka Membuat Ginjal Sehat Lho!


Pertanianku – Semangka (Citrullus lanatus) merupakan buah yang berasal dari Afrika. Di Indonesia sendiri buah ini sangat mudah didapatkan. Terlebih buah satu ini mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga cocok dikonsumsi di daerah tropis yang suhu udaranya cenderung panas.

Konsumsi Semangka Membuat Ginjal Sehat Lho!

Semangka juga memiliki kandungan gizi yang tidak kalah tinggi dibanding buah lain. Tak heran, semangka termasuk salah satu buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Satu buah semangka terdiri atas 91 persen air dan 6 persen gula. Semangka mengandung beberapa macam vitamin termasuk vitamin A, B1, B6, dan yang paling menonjol adalah vitamin C. Selain itu, semangka juga mengandung asam amino sitrulin, asam spantotenik, tembaga, biotin, potasium, kalium, dan magnesium.

Seperti buah berwarna merah lainnya, semangka pun mengandung pigmen warna karotenoid dalam jumlah besar. Yang paling menonjol adalah likopen dan betakaroten. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa kandungan karotenoid dan anti-oksidan polifenol lainnya akan semakin meningkat saat semangka masak. Namun, tahukah Anda jika mengonsumsi semangka dapat membuat ginjal  sehat sehingga dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Hal ini karena ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang penting dan memiliki peranan sangat vital. Ginjal berfungsi melakukan detoksifikasi darah dan membantu tubuh dalam menyaring racun dan membuangnya lewat urine. Ginjal juga mampu membuang kelebihan air dari tubuh dan mempertahankan air ketika tubuh membutuhkan lebih banyak asupan.

Menjaga fungsi ginjal agar tetap berjalan dengan baik sangat penting. Semangka akan membantu tubuh membuang racun-racun di dalamnya dan meningkatkan fungsi ginjal. Selain itu, buah penuh air ini juga akan menurunkan asam urat dalam tubuh.

Konsumsi semangka atau jus semangka secara teratur akan mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal. Bagi yang sudah bermasalah dengan batu ginjal juga disarankan untuk mengonsumsi semangka secara rutin. Selain itu, Anda harus minum setidaknya 10—12 gelas air setiap hari untuk menjaga ginjal sehat dan tubuh terhidrasi dengan baik. Tetap menjaga pola hidup sehat akan menghindarkan Anda dari penyakit gagal ginjal.

Baca Juga:  Senyawa dalam Bawang Putih Ampuh Memerangi Bakteri
loading...
loading...