Kontes Ikan Arwana Skala Internasional di Nusatic 2019

Pertanianku Kontes ikan arwana yang diselenggarakan oleh komunitas Arwana Club Indonesia (ACI) merupakan kontes terbesar kedua di event Nusatic 2019 setelah kontes ikan koi. Stand kontes tersebut dipadati para peserta dan pengunjung Nusatic yang sangat antusias mengikuti kontes.

kontes ikan arwana
foto: pertanianku

Kontes ini diikuti oleh 147 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Pontianak, Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Cianjur, dan daerah lainnya. Tidak hanya dalam negeri, kontes ini juga diikuti oleh peserta luar negari, yaitu Cina.

Arwana Club Indonesia atau ACI merupakan komunitas arwana pertama di Indonesia. ACI sudah bekerja sama dengan Nusatic untuk menyelenggarakan kontes ikan arwana sejak saat Nusatic pertama kali digelar. Dengan begitu, pada 2019 ini merupakan tahun ke-4 ACI mengadakan kontes tersebut.

Loading...

Kontes arwana tersebut terbagi atas 5 kategori perlombaan, yaitu kategori unik, kategori XL, kategori L, kategori M, dan Kategori S. Pemenang pada kategori unik disabet oleh ikan arwana albino yang memiliki harga hampir Rp1,5 miliar. Ikan tersebut mendapatkan gelar grand champion karena memiliki nilai jual tinggi atau value. Selain itu, pada kelas unik juga dicari ikan yang memiliki tingkat handle yang rumit.

Pada penilaian kategori kelas XL, L, M, dan S yang dinilai adalah struktur anatomi ikan, warna, dan gaya berenang ikan. Pemenang pada kontes kali ini disabet oleh ikan-ikan yang berasal dari dalam negeri.

Heri Firmawan selaku Wakil Ketua Pelaksana berharap dengan diselenggarakannya kontes ini dapat mengeratkan rasa persaudaran antarsesama anggota komunitas dan komoditas ekspor ikan arwana menjadi lebih baik lagi.

“Pencinta arwana semakin solid, terus sama harga jual arwana untuk ekspor jadi lebih baik lagi, ya,” tutur Heri saat ditemui di ajang kontes arwana pada event Nusatic 2019 ICE BSD, Tangerang.

Saat ini, komoditas ikan arwana masih terbilang bagus. Hal tersebut dapat terlihat dari satu pemasok ikan arwana yang harus menyediakan 2.000 ekor ikan yang akan diekspor ke luar negeri setiap bulannya. Bayangkan, itu baru dari satu pemasok, bagaimana jika digabung dengan pemasok-pemasok lainnya.

 

Loading...
Loading...