Konvensional Urban Farming yang Mudah untuk Pemula

Pertanianku Urban farming menjadi salah satu topik pembicaraan yang semakin sering dibahas. Singkatnya, urban farming merupakan kegiatan menanam dan menumbuhkan tanaman di area padat penduduk, lalu hasil dari bertanam tersebut digunakan untuk konsumsi pribadi atau didistribusikan kepada orang-orang di sekitar area tersebut. Setidaknya, urban farming bisa menyuplai 15 persen kebutuhan pangan di dunia.

urban farming
foto: Pertanianku

Jika bicara manfaat urban farming, pasti sebagian besar dari Anda sudah mengetahuinya. Tidak hanya memenuhi kebutuhan pribadi, tetapi kegiatan berkebun ini juga menjaga kelestarian alam, menjaga kesehatan tubuh dan mental, serta mempercantik halaman atau taman.

Salah satu konsep urban farming yang paling sering dilakukan adalah konvensional. Konsep konvensional adalah kegiatan berkebun di pekarangan yang masih menggunakan media tanam sebagai komponen utamanya. Pada konsep ini teknologi yang digunakan masih cenderung sederhana, membutuhkan lahan terbuka, dan sering dilakukan secara manual.

Cara konvensional memang terbilang lebih mudah dan murah. Cara ini sangat bisa dilakukan oleh pemula yang baru saja belajar bertanam. Berdasarkan buku Urban Farming, ada tiga jenis cara konvensional.

Tanaman botol

Cara ini sering digunakan oleh pemula karena Anda hanya membutuhkan botol bekas. Terarium bisa menjadi salah satu contoh ide kreatif bertanam di dalam botol. Bertanam di dalam botol juga bisa memanfaatkan daya kapilaritas sehngga Anda tidak perlu menyiram tanaman setiap hari.

Bertanam di dinding

Sebagian orang kerap memanfaatkan dinding-dinding yang kosong di pekarangan rumah sebagai tempat bertanam. Selain bisa digunakan untuk memproduksi sayuran, bertanam di dinding juga berguna sebagai hiasan.

Bertanam di lahan

Bertanam di lahan tergolong mudah. Anda hanya perlu memperhatikan kebutuhan khusus tanaman sesuai dengan jenisnya untuk tumbuh. Dengan begitu, tanaman bisa tumbuh dengan subur.

Baca Juga:  Tanaman Buah yang Sulit Ditanam di Pot

Masih banyak informasi menarik tentang urban farming yang dibahas oleh buku Urban Farming. Pembahasan dalam buku juga diperjelas dengan gambar-gambar ilustrasi dan foto sehingga bisa memudahkan Anda yang baru saja belajar urban farming. Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall Penebar Swadaya.