Kopi Blawan Asli Indonesia Dihargai Mahal di Jerman

PertaniankuKopi blawan merupakan kopi yang berasal dari dataran tinggi Ijen, Kabupaten Bondowoso yang diekspor ke Jerman. Ternyata, di Jerman harga kopi ini mencapai 29,20 euro atau setara dengan Rp450 ribu. Kopi blawan dijual di salah satu kedai kopi terkemuka di Berlin, yakni Berliner Kaffeerösterei.

blawan
foto: pertanianku

Kedai kopi terkenal tersebut menawarkan kopi yang didapati dari berbagai penjuru dunia, seperti Australia, Colombia, Ethiopia, dan termasuk Indonesia. Menteri Pertanian yang mendapati kopi tersebut saat berkunjung ke Berlin merasa bangga dengan komoditas Indonesia yang sudah dikenal dunia.

“Melihat kopi kita dihargai dengan nilai tinggi tentu menjadi penyemangat untuk terus menggiatkan ekspor pertanian, termasuk untuk komoditas kopi. Ayo terus tingkatkan produktivitas dan kualitas produk kita, sehingga kita bisa merajai pasar dunia,” ungkap Syahrul Yasin Limpo seperti dikutip dari laman Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Loading...

Kini eksistensi kopi ini sudah dikenal dan dinikmati oleh warga Benua Eropa. Pasalnya, selama ini hasil panen produksi kopi blawan sudah diserap oleh pasar luar negeri yang mayoritasnya berasal dari Belanda, Jerman, dan Amerika Serikat.

Blawan sebenarnya merupakan nama perkebunan kopi arabika. Kopinya terkenal dengan rasa manis dan asam. Rasanya ringan saat diminum sehingga tak heran jika kopi ini sudah memiliki banyak penggemar.

Kopi blawan sudah ditanam di Kabupaten Bondowoso sejak 2016 pada masa Bupati Amin Said Husni. Di Bondowoso sendiri terdapat tiga perkebunan kopi, yaitu Kebun Jampit, Kebun Blawan, dan Kebun Pancor. Ketiga kebun tersebut mampu menghasilkan kopi arabika yang bertaraf internasional. Kopi tersebut dikenal dengan nama Java Coffe Jampit, Java Coffee Blawan, dan Java Coffee Pancoer.

Saat ini Indonesia sudah termasuk negara penghasil kopi terbesar di dunia bersamaan dengan Brasil, Vietnam, dan Kolombia. Kondisi geografis Indonesia menyebabkan pohon kopi mampu tumbuh dengan baik. Hal ini terlihat dari eksistensi kopi Indonesia. Tak hanya kopi blawan, sudah banyak kopi asli Indonesia yang sudah terkenal di mancanegara.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Hama Penggerek Buah Kopi

Kondisi ini akan membuat kesempatan yang besar untuk jenis-jenis kopi Indonesia lainnya untuk terkenal di pasar internasional. Jika potensi tersebut dapat diolah dengan baik oleh masyarakat, pemerintah, dan seluruh elemen yang terkait, kopi Indonesia akan semakin maju dan komoditas ekspor Indonesia pasti akan meningkat.

Loading...
Loading...