Kopi Jamur, Varian Kopi Sehat yang Wajib untuk Dicoba


Pertanianku — Kopi adalah minuman berkafein favorit banyak orang. Para pecintanya bahkan tidak bisa melewatkan sehari pun tanpa meminum segelas kopi. Tahukah Anda, kini ada lagi varian kopi sehat, yakni kopi jamur.

kopi jamur
Foto: Pixabay

Rasa lelah dapat diusir dengan meminum kopi karena kandungan kafein dalam kopi merupakan kandungan psikoaktif. Kafein dari kopi akan diserap darah dan sampai ke otak, di mana kafein akan bekerja memblokir adenosine sehingga neurotransmitters seperti norepinephrine dan dopamine bertambah.

Alhasil, otak bisa bekerja maksimal. Kopi juga mendukung fungsi kognitif otak sehingga ingatan lebih kuat, mempertajam emosi, meningkatkan kewaspadaan, serta fungsi kognitif otak.

Namun demikian, minum kopi akan jadi membahayakan jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak sehingga akan terjadi peningkatkan produksi hormon adrenal berlebih. Hal itu yang membuat jantung berdetak tidak karuan hingga menimbulkan gangguan tidur.

Jika Anda sering mengalami gangguan ini, kenapa tidak mencoba untuk meminum kopi jamur?

Melansir Boldsky, kopi jamur diklaim lebih sehat dari kopi biasa karena mengandung zat anti-oksidan di dalamnya, serta jumlah kafein yang terkandung di dalamnya hanya setengah dari kopi biasa.

Kopi jamur sebenarnya sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional di Cina. Bubuk ekstrak jamur yang kemudian dicampur dengan kopi instan organik ternyata efektif untuk mencegah diabetes dan mengurangi risiko kanker.

Beberapa penelitian bahkan mengatakan bahwa minum kopi jamur akan mengontrol kadar gula darah, melawan kelelahan, meningkatkan energi, menguatkan sistem pencernaan, dan melawan bakteri serta virus.

Jadi, apakah Anda mau mencoba kopi jamur ini? Untuk lebih amannya, sebaiknya pilih kopi jamur yang tersedia di pasaran daripada Anda meraciknya sendiri.

Baca Juga:  Jenis Tanaman yang Populer Sebagai Bahan Minuman