Kopi Panggang Mampu Cegah Alzheimer dan Parkinson


Pertanianku — Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah menduga bahwa minum kopi membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit alzheimer dan parkinson. Ternyata penelitian tersebut benar adanya, terutama pada kopi panggang.

kopi panggang
Foto: Pixabay

Dipimpin oleh Dr. Donald Weaver, para ilmuwan Krembil Brain Institute di Kanada membandingkan tiga jenis kopi instan Arabika Starbucks. Ketiga jenis kopi tersebut, yakni bubuk kopi dari biji kopi yang dipanggang ringan, panggang sampai hitam, dan dipanggang sampai hitam dan kafeinnya dihilangkan.

Dalam uji in vitro (piring kaca), ditemukan dua kopi yang dipanggang hingga gelap sangat efektif dalam menjaga fragmen protein beta amyloid dari penggumpalan. Penggumpalan fragmen-fragmen di dalam otak ini diyakini menjadi penyebab utama alzheimer dan parkinson.

Dari semua senyawa yang dianalisis dalam kopi yang diuji, hanya ada satu yang memiliki fenilindan. Fenilindan memiliki efek antipenggumpalan. Semakin lama kopi dipanggang, semakin besar jumlah fenilindan yang dikandungnya. Pengaruhnya akan semakin kuat juga.

Seperti yang dilansir dari Newatlas, Rabu (7/11), biji kopi panggang dengan kafein dan tanpa kafein sama-sama memiliki fenilindan yang kuat. Ini menunjukkan kandungan kafein tidak relevan dengan fenilindan.

“Ini pertama kalinya ada orang yang menyelidiki bagaimana fenilindan berinteraksi dengan protein yang bertanggung jawab untuk alzheimer dan parkinson,” kata Dr. Ross Mancini yang membantu Weaver dalam penelitian.

“Langkah selanjutnya adalah menyelidiki seberapa menguntungkan senyawa ini dan apakah mereka memiliki kemampuan untuk masuk ke aliran darah atau melewati sirkulasi aliran darah dari otak,” tambah dia.

Baca Juga:  Rahasia Tentang Kemangi yang Wajib Anda Tahu