Kotoran Hewan yang Bisa Dijadikan Pupuk Kandang

Pertanianku — Pupuk kandang merupakan pupuk organik yang terbuat dari kotoran hewan. Namun, tidak semua kotoran hewan bisa dijadikan pupuk kandang. Hanya kotoran yang berasal dari hewan yang umumnya bisa diternakkan dapat digunakan sebagai pupuk kandang. Berikut ini beberapa kotoran hewan yang bisa diolah menjadi pupuk kandang.

kotoran hewan
foto: unsplash

Ayam

Konsumsi daging ayam cukup tinggi sehingga menyebabkan banyak peternak ayam yang mencoba peruntungan bisnis dengan beternak ayam. Selain dagingnya, kotoran ayam juga bisa digunakan sebagai pupuk kandang. Kotoran ayam broiler memiliki kadar hara P atau fosfor yang relatif lebih tinggi dibanding pupuk kandang lainnya. Kadar tersebut dipengaruhi oleh konsentrat yang diberikan selama masa proses pemeliharaan.

Loading...

Keuntungan lainnya dari pupuk kandang yang berasal dari kotoran ayam adalah pupuk lebih cepat terdekomposisi. Selain itu, memiliki kandungan unsur hara yang standar seperti pupuk kandang lainnya.

Sapi

Kotoran sapi sering digunakan sebagai pupuk kandang, bahkan saat ini para peternak kecil sudah mulai memanfaatkannya, baik untuk digunakan sendiri maupun dikumpulkan untuk dijual ke pengepul. Kotoran sapi memiliki kadar serat seperti selulosa yang tinggi. Hal tersebut menyebabkan kadar C pada pupuk cukup tinggi. Agar aman digunakan, pupuk kandang sapi harus dikomposkan hingga matang agar rasio C/N berkurang di bawah 20.

Kambing

Bentuk kotoran kambing sangat khas, yaitu berbentuk bola-bola kecil dan sulit dipecahkan. Penggunaan pupuk kandang kambing juga harus melalui proses kompos terlebih dahulu hingga benar-benar matang karena kadar kotoran C/N pada kotoran kambing mentah di atas 30. Kadar kalium pupuk kandang kambing relatif lebih tinggi dibanding pupuk kandang lainnya. Sementara itu, kadar N dan P hampir sama seperti pupuk lainnya.

Kuda

Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

Kuda memiliki jumlah populasi yang lebih rendah dibanding hewan ternak lainnya sehingga ketersediaan kotoran kuda sangat sedikit. Kotoran kuda memiliki rasio C/N yang lebih rendah. Rasio ini dipengaruhi oleh jenis pakan yang dikonsumsi sehari-hari seperti dedak. Sebelum digunakan, kotoran kuda harus dimasukkan ke lubang untuk didekomposisikan secara alami. Pupuk kandang dari kotoran kuda mengandung unsur hara Mg.

 

Loading...
Loading...