Kotoran Sapi sebagai Penghasil Biogas


Pertanianku – Akhir-akhir ini, kelangkaan minyak tanah menyebabkan kepanikan bagi kalangan rumah tangga untuk keperluan sehari-hari, misalnya memasak. Salah satu alternatif yang dapat disarankan untuk mengatasi kelangkaan minyak tanah tersebut adalah dengan membuat biogas di setiap rumah warga. Biogas sendiri adalah bahan bakar yang dapat digunakan untuk memasak dan penerangan di rumah sebagai penganti minyak dan listrik.

Kotoran Sapi Sebagai Pupuk Kandang

Biogas dapat dihasilkan dengan mengolah limbah pertanian, misalnya kotoran sapi yang berasal dari area penggemukan. Dengan pembuatan biogas, kotoran sapi akan lebih memiliki nilai ekonomi dan akan sangat mengurangi biaya rumah tangga. Pembuatan biogas sangat disarankan pada daerah-daerah usaha penggemukan sapi. Teknik sederhana pembuatan biogas dapat dilihat pada Gambar 8.

Dalam pembuatan biogas, perlu diperhatikan beberapa hal-hal sebagai berikut.

  1. Biogas sudah dapat dibuat dari pemeliharaan sapi sebanyak 2—4 ekor.
  2. Semua sambungan alat-alat pembuatan biogas, logam, maupun tembok (beton) tidak boleh bocor.
  3. Apabila menggunakan drum baja, terlebih dahulu harus dibersihkan bagian dalamnya. Hal itu bertujuan agar sisa-sisa minyak dan kotorankotoran lain yang dapat meracuni mikrorganisme pembuat biogas hilang.

 

Sumber: Buku Bisnis Penggemukan Sapi

 

Baca Juga:  Segudang Khasiat Susu Kambing yang Menakjubkan
loading...
loading...