Kreasi Limbah Bulu Domba Tembus Pasar Dunia


Pertanianku – Produk inovatif hasil karya alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) yang terbuat dari limbah bulu domba dan akar wangi yang diberi nama Ecodoe berhasil menembus pasar internasional. “Saat ini produk Ecodoe sudah mulai dijual sampai Bali, bahkan sudah sampai menembus pasar di Itali,” ujar Larasati Widyaputri, Co Founder Ecodoe.

Kreasi Limbah Bulu Domba Tembus Pasar DuniaLaras mengungkapkan, “Ide membuat kerajinan tangan yang ramah lingkungan ini berawal dari keprihatinan melihat banyaknya limbah bulu domba yang dibuang oleh peternak domba. Di Indonesia, banyak sekali bulu domba yang hanya terbuang sia-sia. Daripada dibuang, kenapa gak diolah saja.”

Selain itu, usaha yang dirintis sejak awal Februari 2014 ini bisa memberikan pemasukan tambahan bagi para peternak domba. Para peternak domba biasanya hanya mendapatkan pendapatan dari hasil penjualan saat Idul Adha saja. Akan tetapi, kini dari penjualan bulu domba para peternak bisa menjual bulu domba Rp65.000,00/kg.

Laras menambahkan, kerajinan tangan ini telah meraih beberapa penghargaan antara lain hmenjadi Duta Cinderamata pada Pelatihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Juara I Kompetisi Business Plan tingkat nasional “Red Agritech Festival” di IPB, serta meraih medali emas pada Pekan Inovasi Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2014. Produk Ecodoe terdiri atas dua jenis yaitu ecodoe animals dan ecodoe people.

Baca Juga:  Inilah Jenis-jenis Ikan Mas Koki yang Sering Diburu
loading...
loading...