Kreatif, Membuat Plastik dari Kulit Jagung


Pertanianku – Jagung merupakan salah satu komoditas yang dapat digunakan sebagai sumber pangan dan diolah menjadi pakan ternak. Namun, apa jadinya jika kulit jagung dijadikan mantel ya?

Foto: pixabay

Ide pengolahan kulit jagung menjadi plastik itu diwujudkan oleh 4 mahasiswa Departemen Fisika FMIPA Institut Pertanian Bogor (IPB). Sekelompok mahasiswa tersebut antara lain Made Dirgantara, Miko Saputra, Eni Septi Wahyuni, dan Muhammad Khalid.

Menurut Eni, limbah kulit jagung sangat mudah didapat. Bahkan, di Bogor banyak sekali kulit jagung yang tidak terpakai atau dibuang begitu saja.

“Kami kemudian melakukan penelitian terhadap klobot, dan di dalamnya ada kandungan serat dan pati yang bisa dijadikan sebagai bahan campuran plastik,” ucapnya.

Pembuatan plastik sebagai dari klobot memiliki keunggulan, yaitu lebih ramah lingkungan. Bahkan, plastik dari klobot juga bisa diurai oleh mikroba dalam waktu 2 bulan.

Adapun proses pembuatan plastik dari kulit jagung dimulai dari pengeringan kulit jagung dengan menggunakan oven dan suhu 60 derajat Celsius selama 8 jam. Setelah dikeringkan, kemudian kulit jagung digiling sehingga menyerupai tepung.

Proses selanjutnya, yakni mencampur dengan bahan biji plastik dan asam oleat dengan menggunakan mesin ekstrusi, kemudian dipres hingga dihasilkan bioplastik dari kulit jagung.

Baca Juga:  Inovasi Mahasiswa UGM Manfaatkan Limbah Sawit Jadi Gas Hidrogen
loading...
loading...