Krisan Bogor Ditargetkan Tembus Pasar Jepang

Pertanianku Ekspor bunga krisan kini bukan lagi hal yang aneh. Terlebih saat bunga indah ini mulai dilirik oleh pasar mancanegara. Jepang adalah salah satu importir bunga krisan yang patut diperhitungkan bagi para petani bunga krisan.

Ekspor bunga krisan
Foto: pixabay

Tidak banyak orang yang dapat memanfaatkan peluang menggiurkan ini. Salah satu yang menangkap kesempatan emas ekspor bunga krisan adalah Ketut Suwajarna. Krisan merupakan salah satu bunga yang tahan lama, bahkan hingga lebih dari 20 hari. Penanganan yang tepat mulai dari kebun hingga ke pasaran membuat bunga krisan mudah didistribusikan.

Salah satu kebun bunga krisan dapat Anda temui bila berkunjung ke daerah Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung, Bogor. Di kebun bunga ini, Anda akan menjumpai bunga krisan yang sudah dilirik oleh Negeri Sakura (Jepang). Seperti inilah ekspor bunga krisan yang dilakukan oleh Ketut Suwarjana selaku pemilik kebun tersebut.


Loading...

Ekspor bunga krisan juga dilakukan dalam bentuk kuncup bunga. Dengan demikian, bunga krisan pun dapat ditanam dengan jumlah lebih banyak. Bunga akan lebih terjamin dari serangan hama dan penyakit saat dikirim masih dalam keadaan kuncup.

Kebun bunga krisan tersebut terletak di dalam green house. Ada ribuan tanaman krisan yang tumbuh subur di dalamnya. Warna bunganya pun beragam dan indah sehingga banyak digunakan untuk kepentingan bunga hias.

Biasanya, bunga krisan digunakan sebagai bunga hias untuk dekorasi acara. Mulai dari pernikahan, bucket bunga, hingga bunga papan menggunakan bunga krisan sebagai salah satu bunga hias utamanya.

Pada hari-hari tertentu, permintaan bunga krisan dapat melonjak drastis. Misalnya pada hari keagamaan dan menjelang perayaan tertentu. Karena permintaannya melonjak, harga bunga krisan pun dapat naik hingga tiga kali lipat.

Baca Juga:  4 Tanaman Aquascape yang Populer

Tak heran bila kini ekspor bunga krisan menjadi salah satu hal yang diminati oleh petani bunga. Salah satu negara yang menjadi importir bunga krisan paling tinggi adalah Jepang. Negara ini biasa memenuhi kebutuhannya dengan mengimpor bunga krisan dari beberapa daerah di Asia.

Dalam satu bulan, Jepang dapat membeli hingga 10 ribu tangkai bunga krisan. Jumlah ini terus meningkat setiap bulannya. Meskipun mereka membutuhkan bunga krisan dalam jumlah banyak, standar yang diterapkan tetaplah tinggi.

Bagaimana, sudahkah Anda tertarik mengikuti jejak Ketut?

 

Loading...
Loading...