Kriteria Arwana yang Baik


Pertanaianku – Sebelum membeli arwana, terutama arwana dewasa, ada baiknya hobiis membekali diri dengan informasi yang lengkap mengenai kriteria arwana yang baik. Kriteria tersebut bisa dilihat dari berbagai aspek, misalnya tampilan fisik, warna sisi, gaya renang, kesehatan, dan kelengkapan/keutuhan bagian tubuhnya.

Kriteria Arwana yang Baik

  1. Pilih arwana yang gaya renangnya santai dan tenang

Gaya berenang arwana yang sehat terlihat santai dan tenang, tidak tergesagesa, serta posisi berenangnya di tengah tengah akuarium. Jika berenangnya tergesa-gesa, gelisah, dan selalu berada di dekat permukaan air, dapat dipastikan bahwa arwana berada dalam kondisi stres. Oleh karena stres, arwana juga kerap berdiam diri di sudut akuarium dan bergerak dengan tiba-tiba saat ada yang mendekatinya.

Arwana yang terlihat bergerak dengan menghentak-hentakkan dan membenturkan tubuhnya pada permukaan kaca dimungkinkan terserang jamur. Arwana yang kurang prima terkadang terlihat meliukkan dan menghentakkan tubuhnya meski tidak terdapat bagian tubuh yang luka atau terserang penyakit. Bila hal ini terjadi, diperkirakan arwana tersebut terserang gangguan pada perutnya.

  1. Pilih arwana dengan sirip dan sisik yang utuh

Ikan yang siripnya sobek, patah, dan tulang siripnya tidak lurus menandakan bahwa ikan mudah stres dan pernah terserang penyakit jamur yang parah. Sisik ikan yang terkelupas atau tidak merapat ke tubuh menandakan bahwa ikan dalam keadaan stres dan mudah terserang penyakit jamur atau terserang bakteri Lernea cyprinacea. Oleh sebab itu, pilih arwana dengan sirip dan sisik yang utuh dan posisinya merapat ke tubuh.

Hindari arwana yang siripnya sobek, patah, atau tulang siripnya tidak terlihat lurus.

  1. Perhatikan perut dan kloaka ikan

Ikan yang sehat ditandai dengan gaya berenangnya yang santai dan nafsu makannya tinggi. Jika didekati, pandangan matanya diarahkan ke atas. Jika diberi makan, arwana akan segera melahap pakan tersebut, meskipun di dekatnya ada orang. Perut yang besar, tetapi kloakanya normal menandakan bahwa ikan dalam kondisi kenyang dan sehat. Namun, jika kloaka terlihat membengkak dan berwarna kemerahan maka hal tersebut mengindikasikan adanya serangan Salmonella sp. Jika hal itu terjadi, urungkan niat untuk membelinya.

  1. Pilih arwana yang kedua sungutnya utuh

Salah satu penentu kualitas arwana adalah kondisi sungutnya. Sungut arwana yang baik terlihat tegak, sedikit mengarah ke atas, kedua sungut sama panjang, tidak patah, dan tidak tertekuk. Sungut yang tertekuk atau patah menunjukkan bahwa ikan dalam kondisi stres. Sungut yang tidak sama panjang atau daging ujung dagu di antara dua sungut membengkak menandakan bahwa ikan mudah mengalami stres.

  1. Jangan membeli arwana bermata juling atau buta

Mata arwana yang normal ditandai dengan posisi mata yang lurus secara vertikal. Artinya, kelopak mata bagian atas dan bawah sama, salah satunya tidak terbenam dalam karapas. Mata juling ditandai dengan kelopak mata bagian atas keluar, sedangkan bagian bawahnya terbenam dalam karapas. Selain itu, jangan memilih arwana dengan kornea mata berwarna putih. Hal tersebut menandakan bahwa arwana buta.

 

Sumber: Buku Arwana

loading...
loading...