Kriteria Ayam Kampung Pejantan Berkualitas

Pertanianku — Pejantan dan indukan yang bagus dibutuhkan untuk melakukan perkawinan agar anak ayam yang dihasilkan berkualitas. Oleh karena itu, sebelum proses perkawinan terjadi, peternak biasanya melakukan seleksi calon pejantan dan induk. Seleksi tersebut dilakukan dengan melakukan pengamatan dari segi fisik, kematangan alat kelamin, sifat, hingga garis keturunan. Berikut ini beberapa kriteria ayam kampung pejantan berkualitas.

ayam kampung pejantan
foto: pertanianku

Segi fisik

Ayam kampung pejantan yang bagus biasanya terlihat lincah dan tidak pernah terserang penyakit endemik. Bentuk tubuhnya besar, kokoh dengan tulang kuat. Pejantan yang bagus biasanya terlihat dari bentuk tubuhnya yang proporsional.

Loading...

Berat normal ayam kampung pejantan produktif untuk petelur adalah 1,8—2,0 kg, sedangkan untuk pedaging sekitar 1,8—2,5 kg. Pejantan tidak boleh terlalu gemuk atau kurus karena kualitas dan kuantitas sperma yang akan dihasilkan jauh lebih rendah daripada ayam pejantan yang memiliki berat ideal.

Pejantan yang baik biasanya memiliki jengger berbentuk seperti sisir. Sementara itu, ayam yang memiliki jengger berbentuk rose (mawar) atau pea (tunggal bulat seperti kacang) lebih bagus dijadikan ayam pedaging.

Ukuran kepala ayam pejantan pedaging biasanya memiliki bentuk kepala lebih besar dan berbentuk persegi dibandingkan pejantan untuk petelur yang berbentuk runcing memanjang.

Segi sifat

Ayam pejantan yang bagus biasanya memiliki nafsu makan tinggi dan memiliki sifat tidak liar atau jinak. Pejantan yang bagus memiliki daya adaptasi yang baik dengan lingkungannya. Ketahanan tubuhnya akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ayam jenis lainnya.

Kematangan kelamin

Pejantan yang siap dikawinkan biasanya sudah mengalami pendewasaan kelamin dan dewasa badan serta memiliki libido tinggi.

Pertumbuhannya cepat

Ayam pejantan yang digunakan untuk menghasilkan ayam pedaging sebaiknya memiliki pertumbuhan yang cepat atau di atas rata-rata. Selain itu, memiliki warna bulu dominan atau mono-colour.

Titik putih

Baca Juga:  Fakta Unik Sapi yang Tersebar di Seluruh Dunia

Khusus untuk pejantan yang akan menghasilkan ayam petelur, sebaiknya memiliki titik putih di bagian telinga.

Garis keturunan

Pejantan yang bagus untuk dikawinkan berasal dari turunan yang bukan inbreeding dan memiliki riwayat produksi telur yang berkualitas agar mutu telur yang dihasilkan lebih terjamin.

Loading...
Loading...