Kriteria Benih Gaharu Yang Baik


Pertanianku – Benih atau biji gaharu merupakan biji yang rekalsitran, yaitu biji yang cepat menurun kadar airnya. Biji gaharu juga termasuk dalam kategori biji yang tidak mempunyai masa dormansi. Karena sifat-sifat tersebut, biji gaharu harus segera disemaikan supaya dapat diperoleh kualitas tanaman yang baik.

 

gaharu

Apabila terlalu lama disimpan, dikhawatirkan akan mempengaruhi kualitas kecambah karena kadar air biji cepat sekali berkurang Akibatnya, daya tumbuh kecambah menjadi rendah. Untuk mendapatkan bibit yang baik, sebaiknya memperhatikan syarat-syarat bibit sebagai berikut.

– Benih berupa biji diambil dari buah yang sudah cukup matang yang ditandai dengan pecahnya kulit buah di atas pohon.

– Benih utuh, tidak memiliki luka, atau cacat.

– Benih harus bebas dari hama dan penyakit.

– Benih harus bersih dari kotoran.

– Benih diambil dari tanaman induk yang sehat.

– Benih harus murni atau tidak tercampur dengan biji-bijian yang lain.

– Benih tenggelam jika direndam dalam air.

– Daya tumbuh kecambah 80%.

Kualitas benih merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam budi daya tanaman. Oleh karena itu, sebaiknya diusahakan untuk dapat memenuhi ketentuan syarat-syarat benih yang baik untuk dapat memperoleh kualitas hasil tanaman yang baik pula. Cara mengetahui apakah benih yang akan ditanam baik atau tidak dengan merendamnya dalam air. Apabila terapung, benih tersebut jelek. Sebaliknya, jika tenggelam, benih tersebut masih bagus.

 

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Gaharu

 

 

Baca Juga:  Produksi Pohon Kelapa Sawit Meningkat dengan Cara Ini