Kriteria Cabai Unggul

Pertanianku — Sebelum membudidayakan cabai, Anda sebaiknya mencari bibit yang sesuai dengan kriteria cabai unggul. Kualitas cabai dinilai dari beberapa faktor berikut.

Kualitas cabai
Foto: pixabay

Produktivitas tinggi

Produktivitas cabai besar saat ini rata-rata mencapai 1—1,2 kilogram per tanaman per musim tanam. Sementara, cabai rawit umumnya memiliki produktivitas sebanyak 0,75—1 kilogram per tanaman per musim tanam. Salah satu jenis cabai yang produktivitasnya bisa 2 kali lipat cabai biasa adalah varietas Gada F1.

Loading...

Tahan serangan hama dan penyakit

Curah hujan dan kelembapan tinggi mendorong banyaknya hama dan penyakit yang menyerang cabai. Begitu pula dengan kemunculan cendawan yang menurunkan produktivitas cabai. Beberapa cabai unggul mampu mengatasi serangan tersebut. Misalnya, cabai varietas Wibawa F1 yang tahan terhadap penyakit bakteri layu dan cendawan Phytophthora.

Masa pembuahannya cepat (genjah)

Umumnya, cabai dipanen setelah berumur 90 hari. Namun, teknologi pemuliaan cabai yang menghasilkan cabai kualitas unggul bisa mempercepat masa pembuahannya. Misalnya, cabai Gada F1 memiliki umur berbuah 10 hari lebih cepat ketimbang cabai kebanyakan.

Tingkat kepedasan

Semua cabai, kecuali paprika, memiliki rasa pedas. Beberapa cabai varietas unggul seperti Lado F1 dan Gada F1 memiliki tingkat kepedasan yang lebih tinggi. Varietas Bagayo F1 bahkan memiliki tingkat kepedasaan yang lebih tinggi lagi. Ketiganya banyak diminati oleh konsumen dan industri olahan.

Frekuensi pemanenan

Perbedaan umur panen bisa disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan. Cabai unggul biasanya memiliki umur panen yang sama. Cabai yang ditanam di dataran rendah memiliki umur panen yang lebih pendek ketimbang ditanam di dataran tinggi. Kondisi panen yang diinginkan juga bisa ditunjang dengan pemakaian mulsa sehingga tanaman tidak mudah terserang hama.

Baca Juga:  Tips Mencegah Akar Tanaman Menembus Pot Tabulampot

Bentuk seragam

Pemuliaan cabai untuk mendapatkan karakteristik cabai unggul dilakukan agar bisa memenuhi permintaan konsumen. Umumnya, konsumen menyukai cabai yang seragam dalam bentuk. Misal cabai keriting, cabai bulat, cabai matang penuh, dan sebagainya.

Daya simpan lama

Cabai unggul diharapkan memiliki tingkat kesegaran yang tetap tinggi setelah dipanen. Umumnya, cabai hanya memiliki daya simpan selama 1—2 hari di suhu ruang setelah dipanen. Cabai unggul bisa disimpan hingga 3—5 hari setelah panen.

Loading...
Loading...