Kriteria Daging Ayam yang Cocok sebagai Bahan Baku Bakso

Pertanianku — Bakso umumnya terbuat dari daging sapi, ayam, atau ikan. Kualitas bakso yang dihasilkan dipengaruhi oleh kualitas daging yang digunakan. Daging ayam yang sesuai untuk bahan baku bakso ayam adalah daging di bagian dada.

bakso ayam
foto: Pixabay

Sebaiknya, jangan memilih daging paha bawah dan atas. Hal ini karena paha bawah dan paha atas merupakan daging gelap yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi dibanding daging putih yang berada di bagian dada.

Sebagian orang menganggap ayam memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang lebih rendah dibanding daging sapi. Namun, sebetulnya anggapan ini salah, pasalnya kandungan lemak dan kolesterol daging ayam justru lebih tinggi. Namun, kandungan PUFA (Polyunsaturated Fatty Acid) daging ayam lebih tinggi.

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi daging yang mengandung banyak PUFA dapat membuat tubuh lebih mudah mengendalikan kandungan di kolesterol di dalam darah. Oleh karena itu, tidak salah bisa ada anggapan mengonsumsi daging ayam lebih baik dibanding daging sapi. Bakso ayam juga bisa Anda gunakan untuk membantu mengendalikan kolesterol darah.

Saat menggunakan daging ayam sebagai bahan baku membuat bakso, terkadang Anda dihadapkan dengan masalah kandungan bakteri. Bagian tubuh ayam yang mengandung banyak bakteri adalah sayap. Selain itu, biasanya daging ayam diolah bersama kulit. Padahal, pada kulit tersebut mengandung banyak bakteri yang bisa terbawa ke dalam adonan bakso bila proses pembersihan tidak benar.

Kontaminasi bakteri bisa ditangani dengan membersihkan isi perut dan menjaga agar kotoran tidak mengontaminasi daging ayam. Jika bisa, sebaiknya pilih daging dari ayam yang dibesarkan dengan pakan alami. Hal ini karena pemberian pakan buatan dapat menyebabkan kandungan kolesterol lebih banyak. Selain itu, pakan buatan sering kali membuat daging ayam mengandung antibiotik, terutama bila diberikan berlebihan.

Baca Juga:  Fermentasi Jerami, Pakan Ternak untuk Segala Musim

Ayam yang diberikan pakan buatan juga mengandung arsen yang dapat menimbulkan kanker bagi manusia. Zat tersebut terkandung dalam Roxarsone, yakni antimikroba yang berperan sebagai pemacu tumbuh dan biasanya terdapat di dalam pakan buatan.

Namun, bila tidak memungkinkan untuk mendapatkan daging dari ayam yang diberikan pakan alami, Anda tetap bisa menggunakan daging ayam biasa.