Kriteria Domba Bibit yang Bagus

Pertanianku — Tidak semua domba bagus dijadikan sebagai calon induk dan pejantan yang dapat menghasilkan keturunan dengan sifat yang baik. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan seleksi terlebih dahulu pada domba bibit yang akan dipilih. Seleksi tersebut didasarkan oleh beberapa kriteria berikut.

domba bibit
foto: Pertanianku

Kondisi kesehatan

Kondisi kesehatan domba bibit menjadi modal dasar yang sangat menentukan. Domba yang sehat akan terlihat dari penampilan serta perilaku domba itu sendiri. Domba tersebut terlihat selalu aktif dan lincah, kepala tegap dan pandangan mata cerah, warna bulu bersih dan mengilap, serta kulit tidak keriput.

Ukuran tubuh besar

Induk betina dan pejantan yang baik memiliki ukuran tubuh besar dengan bobot yang tinggi serta tulang-tulangnya besar dan kuat. Domba dengan ukuran tubuh yang besar dapat menghasilkan anakan yang besar dan berbobot tinggi pula dengan pertumbuhan cepat.

Sifat domba

Induk betina yang dipilih harus memiliki sifat keibuan agar dapat merawat anaknya dengan baik. Sifat tersebut ditujukan pada penampilan induk yang jinak serta sorot mata yang ramah. Induk yang bersifat keibuan dapat menjaga anaknya dari berbagai gangguan yang datang dari hewan lain, seperti anjing.

Sementara itu, induk yang tidak memiliki sifat keibuan akan membiarkan dan meninggalkan anaknya ketika anak domba mendekat untuk menyusu. Kondisi tersebut akan menyebabkan anak-anak domba kekurangan air susu.

Kemampuan menghasilkan susu

Induk yang mampu memproduksi susu minimal 8—10 minggu lamanya merupakan induk yang baik untuk dipilih sebagai domba bibit. Hal ini karena air susu untuk anak domba akan terjamin.

Bobot lahir dan bobot sapih

Anak domba yang lahir dengan bobot tinggi akan lebih mudah tumbuh dibanding anak domba yang lahir dengan bobot kecil. Dengan mengawinkan induk dan pejantan pilihan dari domba berbobot sapih yang tinggi, diharapkan rataan bobot sapih pada keturunan berikutnya dapat menjadi lebih tinggi.

Baca Juga:  Kenali Faktor Penghambat Usaha Ternak Sapi Potong

Bobot sapih domba yang dihasilkan dapat dipengaruhi oleh umur induk, kondisi induk, mutu pakan, serta jenis kelamin dan varietas domba. Induk bertubuh gemuk cenderung lebih sering melahirkan anak yang berbobot ringan.

Kemampuan merumput

Domba merupakan hewan yang suka merumput. Untuk menyeimbangkan sifat tersebut, domba harus memiliki gigi dan rahang yang normal serta struktur kaki yang baik dan kuat.