Kriteria Kambing untuk Menjadi Hewan Akikah

Pertanianku— Salah satu segmentasi pasar peternak kambing adalah akikah. Akikah merupakan tradisi umat muslim untuk menyembelih hewan ternak ketika anak baru lahir sebagai ungkapan rasa syukur. Tradisi ini biasanya dilakukan pada hari ke-7, ke-14, atau ke-21 setelah anak lahir dan dilakukan bersamaan dengan proses cukur rambut. Kambing yang digunakan untuk akikah harus memenuhi beberapa kriteria tertentu. Berikut ini beberapa kriteria kambing akikah yang harus Anda ketahui.

kambing akikah
foto: pertanianku

Cukup umur

Kambing yang akan diakikahkan harus sudah cukup umur, minimal enam bulan. Namun, sebaiknya kambing yang digunakan sudah berumur satu tahun. Umur kambing dapat ditandai dengan kondisi gigi kambing. Kambing yang sudah mengalami pergantian gigi seri ke gigi permanen berarti sudah berumur satu tahun dan kambing tersebut sudah bisa dijual sebagai ternak untuk akikah.

Sehat dan tidak pincang

Kambing yang digunakan untuk akikah harus sehat. Oleh karena itu, pembeli sering mengecek kondisi fisik seluruh tubuh kambing, mulai dari mata hingga bagian ekornya. Kambing tidak buta, tidak terlalu kurus, tidak pincang, dan lain-lain. Kondisi jasmani kambing harus benar-benar sehat.

Jika Anda ingin dipercaya sebagai jasa penyedia kambing akikah yang berkualitas, Anda perlu memerhatikan betul-betul kondisi kesehatan kambing. Pasalnya, sehat menjadi salah satu kriteria wajib yang harus dipenuhi.

Tidak cacat

Pada tubuh kambing yang akan dijadikan hewan akikah tidak boleh memiliki cacat. Seluruh bagian tubuhnya utuh secara sempurna, bagian tanduk tidak patah, gigi tidak lepas, tidak sedang dalam pergantian gigi seri ke gigi permanen, dan tidak sedang mengalami bulu rontok.

Jumlah kambing yang dibutuhkan

Jumlah kambing yang akan dikurbankan harus disesuaikan dengan jenis kelamin anak. Untuk anak laki-laki jumlah kambing yang dibutuhkan adalah dua ekor, sedangkan untuk anak perempuan cukup satu ekor kambing.

Baca Juga:  Kiat Meningkatkan Kualitas Susu Perah

Daging dimasak terlebih dahulu

Sebelum dibagikan kepada kerabat dan tetangga, daging akikah perlu dimasak terlebih dahulu. Tata cara memasak daging sembelih juga harus diperhatikan. Oleh karena itu, banyak penyedia jasa hewan akikah yang juga menyediakan jasa potong dan memasak. Dengan begitu, konsumen tidak perlu repot-repot menyembelih dan mengolah daging akikah, konsumen hanya tinggal membagikan daging tersebut.


loading...