Kriteria Kandang Ayam Elba yang Baik

Pertanianku — Ayam elba termasuk ayam petelur yang digemari peternak karena tingkat produktivitas ayam ini terbilang tinggi. Kandang menjadi salah satu sarana prasarana yang sangat memengaruhi produktivitas ayam. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan kandang ayam elba yang baik agar hasil produksinya sesuai harapan. Berikut ini beberapa kriteria kandang yang cocok untuk ternak ayam elba.

kandang ayam elba
foto: pertanianku

Jenis kandang

Jenis kandang untuk ternak intensif sebaiknya adalah kandang baterai. Kandang ini akan membuat ayam sedikit bergerak sehingga energi yang berasal dari pakan akan lebih banyak dikonversi menjadi telur. Kandang baterai dibentuk menjadi kotak-kotak dan disusun bertingkat.

Pada bagian bawahnya diberi kaki-kaki sebagai penyangga. Tinggi kaki-kakinya mencapai 20—30 cm. Kaki-kaki tersebut berguna untuk memisahkan bagian lantai kandang dengan permukaan tanah.

Bagian lantai kandang adalah bambu sehingga Anda tidak memerlukan tambahan litter sebagai alasnya. Lantai kandang dimodifikasi miring agar telur ayam dapat menggelinding ke tempat telur. Dengan demikian, risiko telur terinjak atau kotor menjadi lebih kecil.

Penempatan kandang

Kandang diatur deret memanjang atau disusun bertingkat sesuai dengan kondisi ruangan dan jumlah kandang yang dimiliki. Penggunaan kandang baterai dianggap dapat menghemat tempat.

Manfaat kandang baterai

Kandang baterai tak hanya membatasi gerak ayam. Kandang ini juga dapat meminimalisir ayam saling bertarung. Pasalnya, satu kandang hanya diisi oleh satu ayam sehingga semua ayam dipelihara secara terpisah. Dengan begitu, ayam menjadi tidak mudah terluka dan minim risiko terjangkit penyakit yang menular.

Kandang baterai juga memungkinkan pembagian pakan dan minum secara merata karena ayam tidak perlu berebutan. Hal tersebut dapat membuat pertumbuhan ayam menjadi lebih seragam.

Penggunaan kandang baterai juga dapat memudahkan Anda dalam memantau kondisi kesehatan dan produktivitas telur ayam elba.

Baca Juga:  Resep Es Krim Susu Sapi

Buat celah dinding kandang sesuai kepala ayam

Celah pada dinding kandang harus disesuaikan dengan ukuran leher dan kepala ayam. Pasalnya, tempat pakan dan minum diletakkan di luar kandang.