Kriteria Kandang Itik yang Ideal

Pertanianku — Kandang menjadi tempat tinggal bagi itik ternak sehingga Anda perlu menyiapkan kandang yang nyaman dan aman. Kandang sangat memengaruhi kondisi kesehatan ternak. Oleh karena itu, kandang itik yang tepat dapat menunjang optimalisasi produksi ternak. Berikut ini beberapa kriteria kandang itik yang ideal.

kandang itik yang ideal
foto: pertanianku

Konstruksi kandang

Konstruksi kandang yang dipilih harus sesuai dengan jenis itik yang akan diternakkan, yaitu itik pedaging atau itik petelur. Konstruksi kandang harus dibuat nyaman dan aman untuk itik serta mudah dibersihkan.

Lantai kandang sebaiknya dibuat lebih tinggi dari tanah yang berada di sekelilingnya. Tinggi kandang harus cukup bagi pekerja yang bekerja di dalamnya.

Luas kandang harus ditentukan berdasarkan jumlah ternak yang akan dibudidayakan. Pastikan kandang tersebut memiliki ventilasi udara yang baik.

Bahan baku

Kandang yang ideal tidak selalu dibuat dari bahan yang mahal. Bahan yang digunakan tidak perlu mahal, tapi kokoh dan dapat memberikan kenyamanan bagi ternak itik. Misalnya, Anda bisa menggunakan bambu tua atau kayu hutan sebagai kerangka bangunan, pagar, atau lantai.

Peralatan di dalam kandang

Anda harus menyiapkan peralatan pokok di dalam kandang, seperti tempat minum, tempat pakan, alat pemanas buatan, dan tempat bertelur. Alat-alat tersebut berperan penting untuk kehidupan itik.

Jarak antarkandang

Jika Anda memiliki lebih dari satu kandang, gunakan jarak antarkandang sekitar satu kali lebar kandang.

Pagar kandang

Areal kandang itik perlu dilengkapi dengan pagar untuk mencegah orang asing dan hewan liar masuk ke areal kandang. Pagar dibangun minimal setinggi 3 meter mengelilingi kandang untuk melindungi kandang dari cuaca buruk dan predator.

Kandang dibangun sesuai dengan umur itik

Setiap kandang, idealnya diisi oleh sekelompok itik dengan umur yang sama agar kontrol kesehatan lebih mudah dilakukan. Oleh karena itu, Anda perlu membangun kandang sesuai dengan umur dan jumlah itik serta kontinuitas.

Baca Juga:  Cegah Serangan Penyakit dengan Sanitasi Kandang Burung Puyuh