Kriteria Kolam Ikan Koi yang Baik

Pertanianku — Ikan koi termasuk ikan hias yang sering dipilih menjadi hewan peliharaan kesayangan. Pesona ikan ini terletak pada warna tubuhnya yang penuh dengan corak yang indah. Namun, keindahan ikan ini perlu didukung dengan kolam yang serasi dengan penampilan ikan. Ada banyak desain kolam ikan koi yang dapat membuat penampilan ikan ini menjadi menarik. Desain tersebut dapat dipiilih sesuai dengan selera Anda sebagai pemilik.

kolam ikan koi
Foto: unsplash

Meski desain kolam dapat dipilih sesuai selera pemilik, Anda harus tetap memperhatikan beberapa hal penting dari kolam ikan koi yang dapat menunjang kehidupan serta penampilan ikan. Berikut ini kriteria kolam ikan koi yang baik.

Kondisi air kolam harus selalu jernih

Kejernihan kolam dapat dijaga dengan cara memasang filter pada pompa aliran sirkulasi air sebelum pompa pengisap. Filter tersebut dapat menjaga kebersihan kolam tanpa perlu dikuras setiap harinya. Anda perlu membersihkan filter secara berkala agar dapat menyaring kotoran secara maksimal.

Air yang jernih tak hanya baik untuk kesehatan ikan koi, tetapi juga bisa membuat warna pada tubuhnya dan tarian ikan koi terlihat lebih jelas.

Terkena sinar matahari

Sinar matahari sangat baik untuk ketajaman warna ikan. Namun, jangan sampai kolam mendapatkan sinar matahari secara penuh karena bisa menyebabkan suhu air meningkat sehingga ikan koi menjadi lemas. Sebaiknya, berikan peneduh untuk mengurangi sinar matahari. Peneduh tersebut dapat berupa gazebo ataupun pohon peneduh yang dapat menambah keindahan kolam.

Warna dasar kolam

Dasar kolam koi sebaiknya berwarna hitam agar tubuh ikan ikan koi terlihat lebih jelas dan tajam. Dengan begitu, keindahan warna ikan koi tak tersamarkan dengan warna lainnya.

Sirkulasi air berjalan baik

Baca Juga:  Jenis Ulat yang Disukai Ikan Arwana

Di habitat aslinya, koi hidup di aliran sungai yang deras. Oleh karena itu, sirkulasi kolam ikan koi harus memiliki sirkulasi air kolam yang baik. Kolam yang tidak memiliki sirkulasi air akan menyebabkan ikan koi mati, sedangkan kolam dengan sirkulasi yang kurang baik dapat menyebabkan kondisi ikan kurang sehat.