Kriteria Kolam Ikan Lele yang Bagus

Pertanianku — Kolam merupakan fakor pertama yang harus diperhatikan saat Anda memutuskan ingin budidaya ikan lele. Pasalnya, kolam ikan lele akan menjadi rumah bagi ikan untuk berkembang sehingga secara langsung kolam juga menjadi salah satu penentu keberhasilan budidaya ikan.

kolam ikan lele
foto: Pertanianku

Kolam ikan lele hampir sama dengan kolam untuk jenis ikan lainnya, yakni memiliki empat bagian utama, yaitu pematang, pintu pemasukan, pintu pembuangan, dan pelataran (dasar kolam). Keadaan kolam tersebut harus benar-benar diperhatikan agar kehidupan lele tidak terganggu. Berikut ini beberapa kriteria kondisi kolam ikan lele yang bagus.

Tidak bocor

Konstruksi pematang kolam harus baik untuk mencegah kebocoran pada kolam. Pematang kolam lele dapat dibuat tegak lurus dengan ketinggian bergantung pada tahap pemeliharaan. Pematang juga harus dibuat dari bahan yang kedap air, seperti tembok, beton, atau terpal.

Mudah diairi

Agar kolam mudah diairi, kolam sebaiknya berada di bagian yang lebih rendah dari sumber air. Jika sumber yang digunakan berasal dari kali atau selokan, Anda tinggal memasang pipa paralon untuk menyambungkan ke saluran pemasukan kolam. Sementara itu, untuk air yang bersumber dari sumur harus dipompa terlebih dahulu agar bisa dialirkan ke kolam.

Mudah dikeringkan

Agar kolam mudah dikeringkan, sebaiknya kolam berada lebih tinggi daripada saluran pembuangan. Ketinggian tersebut bukan diukur dari pematang, melainkan dari dasar kolam atau dasar pintu pembuangan. Kondisi tersebut dapat memudahkan Anda untuk mengaliri air dari dalam kolam ke luar kolam tanpa bantuan pompa.

Mudah dikelola

Kolam yang berukuran tidak luas, maksimal 20 m2 lebih mudah dikelola dan dikontrol. Selain itu, ukuran kolam tersebut dapat memudahkan proses pengeluaran air, persiapan, panen, dan pemberian pakan. Jika ukuran kolam terlalu luas, tidak semua ikan bisa mendapatkan pakan sehingga pertumbuhan ikan tidak seragam.

Baca Juga:  Teknik Penanganan Penyakit Ikan yang Benar

Terlindung dari air hujan

Kolam lele sebaiknya diberikan peneduh untuk menghindari air hujan. Peneduh tersebut tidak perlu terbuat dari bahan yang mahal. Peneduh bisa terbuat dari bahan-bahan yang murah dan dibuat dengan kerangka yang kokoh.

Berada di tempat terbuka

Kolam ikan lele sebaiknya berada di tempat terbuka tidak terhalang atau terlindung pohon besar dan bangunan tinggi. Pohon dan bangunan tinggi dapat menghalangi sinar matahari sehingga suhu di dalam kolam menjadi rendah.