Kriteria Kontes Diskus yang Wajib Anda Ketahui

Pertanianku — Semakin banyak hobiis yang memelihara diskus, semakin banyak pula komunitas hobiis diskus yang mengadakan kontes. Selain itu, penyelenggaraan kontes diskus bertujuan menemukan strain baru yang dihasilkan oleh para hobiis dan memamerkan ikan para kontestan. Diskus yang akan memenangkan kontes harus memiliki kualitas dan mutu yang sesuai dengan kriteria.

kontes diskus
foto: pertanianku

Penilaian pada kontes diskus bukan hanya sebatas satu kriteria, misalnya corak. Ada banyak kriteria yang akan menentukan pemenang dalam kontes. Berikut ulasan kriteria kontes diskus lebih lengkap.

Size atau ukuran

Pada umumnya ukuran panjang total diskus yang diikutsertakan dalam kontes minimal 12,5 cm atau setara 5 inci. Ukuran panjang standar ikan diukur dari mulut hingga sampai ke pangkal ekor. Sementara, ukuran panjang total dihitung dari mulut hingga ke ujung ekor. Tentunya pada kriteria ini, ikan yang memiliki ukuran panjang yang paling besar akan mendapatkan nilai bagus.

Figur anatomi

Penilaian secara anatomi pada kontes diskus dilihat dari postur tubuh, bentuk kening, bentuk sirip (fin) dan ekor, sirip renang dan dasi, bentuk mulut, bentuk dan warna mata, tutup insang dan pernapasan, sisik, keserasian, dan warna diskus. Kriteria warna diskus dinilai dari kecerahan warna, corak dan polos, dan keserasian corak dengan warna dasar.

Perilaku

Diskus yang bergerak lincah, terlihat sehat, dan tidak takut saat ditempatkan di tengah keramaian orang merupakan ciri-ciri perilaku diskus yang baik. Ikan diskus yang memiliki perilaku baik akan memiliki nilai tinggi.

Kelangkaan

Faktor kelangkaan terkadang masuk ke penilaian kontes. Ikan yang dinilai langka sering diraih oleh jenis strain terbaru karena masih sedikit orang yang punya. Hal ini yang membuat sebagian hobiis berlomba-lomba menciptakan strain terbaru karena stigma hobiis bahwa yang berpotesi menang adalah jenis strain baru.

Baca Juga:  Jangan Panik! Begini Caranya Mengatasi Kelinci yang Pilek

Kelangkaan bukan faktor utama untuk memenangkan kontes, melainkan ada banyak faktor lain yang sudah ditentukan di awal untuk menentukan pemenang dalam kontes diskus. Kriteria kelangkaan pada dasarnya tidak memiliki bobot nilai yang besar. Bobot nilai yang besar justru jatuh pada kriteria ukuran dan postur.


loading...