Kriteria Kualitas Air Kolam Lele yang Bagus

Pertanianku — Air menjadi media tempat hidup ikan yang harus selalu dijaga kualitasnya agar kehidupan ikan di dalam air tersebut dapat berjalan dengan baik. Kualitas air kolam lele ditentukan dari suhu, oksigen terlarut, alkalinitas, dan derajat keasaman atau pH. Berikut ini beberapa kriteria yang menggambarkan kualitas air kolam lele.

kualitas air kolam lele
foto: Pertanianku

Suhu air kolam

Suhu berkaitan erat dengan konsentrat oksigen terlarut yang ada di dalam kolam. Suhu juga dapat memengaruhi selera makan ikan. Lele yang dipelihara di dalam air kolam bersuhu 25°C dan diberikan pakan sebanyak dua kali akan memiliki laju konsumsi pakan yang lebih tinggi dengan tingkat pertumbuhannya lebih cepat. Oksigen terlarut minimal di dalam kolam adalah 5 mg/liter.

Sumber air

Sumber air yang digunakan dapat memengaruhi kondisi ikan lele di dalam kolam. Sumber yang bisa digunakan adalah air sungai, irigasi, saluran air kecil, dan air tanah atau sumur. Sumber air yang digunakan harus terbebas dari pencemaran lingkungan dan limbah rumah tangga. Air yang digunakan tidak boleh mengandung zat-zat yang bisa meracuni ikan, seperti detergen atau sabun.

Jika sumber air yang digunakan adalah air sumur atau sungai, air tersebut harus diendapkan terlebih dahulu. Sumber air tersebut biasanya mengandung banyak kotoran dan unsur besi yang berbahaya bagi ikan. Air bisa diendapkan selama 2—3 hari sebelum dialiri ke dalam kolam pemeliharaan.

Pakan ikan dan kotoran ikan lele

Pakan ikan lele yang diberikan ke kolam akan dikonsumsi oleh ikan. Pakan tersebut akan membuat ikan mengeluarkan feses atau mengendap di dasar kolam karena tidak dimakan oleh ikan. Pakan dan kotoran yang mengendap di dasar kolam dapat menyebabkan kandungan amonia di dalam kolam menjadi tinggi. Secara ilmiah, limbah tersebut akan terurai oleh proses nitrifikasi. Namun, jika jumlahnya sudah terlalu banyak harus disedot atau dibersihkan.

Baca Juga:  Jangan Terlalu Dangkal, Ini Kedalaman Kolam Nila yang Tepat

Alkalinitas

Air yang sehat dan produktif mengandung alkalinitas sekitar 40 mg/liter. Anda bisa mengetahui dengan parameter lain berupa nilai pH yang bersifat mengontrol laju metabolisme. pH ideal yang diperlukan untuk air kolam ikan lele adalah 6,5—8,5.