Kriteria Lokasi Penanaman Sirsak yang Cocok

Pertanianku Tanaman sirsak memiliki banyak kelebihan, selain buahnya dapat dikonsumsi karena rasanya segar dan mengandung banyak gizi, daun sirsak juga dapat berguna sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Sementara itu, sosok tanaman sirsak dapat membuat pekarangan lebih sejuk dan asri.

tanaman sirsak
foto: Pertanianku

Anda tidak selalu memerlukan pekarangan yang luas untuk menanam sirsak karena tanaman buah ini dapat tumbuh di pekarangan sempit. Tanaman buah ini dapat tumbuh dengan subur apabila ditanam pada lokasi yang sesuai dan dipelihara dengan baik. Sirsak dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1.200 m dpl. Tanaman tumbuh subur di daerah dengan iklim hangat dan lembap. Pertumbuhan dan pembungaan tanaman dapat terhambat apabila ditanam pada daerah yang terlalu dingin.

Musim kemarau dapat mendorong luruhnya daun tanaman dan menyelaraskan pertumbuhan memanjang. Pada musim tersebut tanaman juga akan melakukan pembungaan dalam batas-batas tertentu. Oleh karena itu, hasil panen cenderung lebih tinggi pada musim kemarau, dengan syarat tingkat kelembapan yang tinggi selama periode pembentukan buah.

Tingkat kelembapan yang terlalu rendah pada pembentukan buah dapat diatasi dengan memberikan naungan pada tanaman untuk mengurangi transpirasi. Intensitas cahaya matahari yang diterima sebaiknya hanya sekitar 50—60 persen.

Sirsak dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Akan tetapi, tanaman ini lebih maksimal tumbuh apabila ditanam pada tanah berpasir dan mengandung banyak kapur serat bahan organik yang tinggi. Derajat keasaman tanah yang bagus untuk pohon sirsak ialah sekitar 5,5—7,4.

Kondisi drainase pada media tanam atau lahan penanaman harus bagus karena tanaman tidak tahan terhadap genangan air. Itu sebabnya tanaman ini dapat tumbuh subur di tanah berpasir.

Baca Juga:  Merawat Tanaman Bawang Daun agar Tumbuh dengan Sehat

Jika Anda ingin menanam sirsak di pot sebagai tabulampot, komposisi media tanam yang dapat digunakan tersusun dari tanah dan pupuk kandang yang sudah matang dengan perbandingan 1:1. Anda juga bisa menggunakan media-media tanam yang banyak dijual di toko pertanian. Misalnya, media tanam dari Toko Trubus.